kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat daun pepaya berikut ini tak boleh Anda lewatkan


Sabtu, 07 November 2020 / 12:20 WIB
Manfaat daun pepaya berikut ini tak boleh Anda lewatkan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat daun pepaya yang bisa tubuh Anda rasakan. Sebab, daun pepaya memiliki berbagai macam kandungan.

Mulai dari vitamin E, antioksidan, hingga flavonoid. Jika mengonsumsinya secara rutin, khasiat atau manfaat daun pepaya berikut bisa Anda dapatkan:

Mengobati gejala DBD

Bersumber dari Healthline, gejala penyakit DBD bisa diobati menggunakan daun pepaya. Beberapa tanda yang dimaksud adalah mual, muntah, demam, sakit kepala, dan kelelahan.

Tak hanya itu, daun pepaya juga mampu meningkatkan trombosit dalam tubuh. Beberapa penelitian yang melibatkan ratusan penderita DBD menunjukkan, trombosit mereka meningkat setelah mengonsumsi daun pepaya.

Kabar baiknya adalah, bahan alami ini tak menimbulkan banyak efek samping sehingga cukup efektif mengurangi gejala DBD.

Baca Juga: Manfaat masker pepaya beserta cara membuatnya

Menyeimbangkan gula darah

Manfaat daun pepaya lainnya adalah untuk meningkatkan keseimbangan jumlah gula darah dalam tubuh. Artinya, bahan alami ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Sebuat penelitian yang dilakukan pada tikus penderita diabetes membuktikan hal itu. Daun pepaya mengandung antioksidan dan mampu menurunkan jumlah gula darah berlebih.

Tak hanya itu, daun pepaya juga berguna untuk menjaga sel di pankreas yang memproduksi insulin dari kerusakan. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia tetap diperlukan untuk mendukung temuan itu.

Melancarkan pencernaan

Mengutip dari Healthline, daun pepaya juga bisa digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, seperti kembung dan lain sebagainya.

Salah satu jenis serat, bernama papain, mampu melancarkan sistem pencernaan manusia. Papain akan memecah protein menjadi berukuran lebih kecil sehingga lebih mudah dicerna.

Baca Juga: Inilah 10 manfaat buah pepaya untuk tubuh, bisa untuk diet dan turunkan kolesterol

Penumbuh rambut

Salah satu manfaat daun pepaya adalah untuk menumbuhkan rambut.

Selain dikonsumsi, manfaat daun pepaya juga bisa didapat jika Anda menggunakannya dalam bentuk masker rambut. Bahan alami ini berguna untuk menyehatkan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Daun pepaya mengandung beberapa jenis antioksidan, misalnya, flavonoid dan vitamin E. Jenis antioksidan itu mampu menurunkan tingkat stres oksidatif yang membuat pertumbuhan rambut terganggu.

Meningkatkan kesehatan kulit

Tak hanya masker rambut, daun pepaya juga dapat Anda olah menjadi masker kulit. Papain berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati sehingga pori-pori kulit tak tersumbat.

Artinya, jerawat bisa berkurang karena hal itu. Kandungan tersebut juga mampu mempercepat proses pemulihan luka di kulit.

Selanjutnya: 5 Manfaat pepaya untuk tubuh, bisa untuk diet dan tingkatkan kekebalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×