kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Daun Kelor untuk Kolesterol, Cek Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol Lain


Selasa, 06 Juni 2023 / 06:51 WIB
Manfaat Daun Kelor untuk Kolesterol, Cek Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol Lain
ILUSTRASI. Manfaat Daun Kelor untuk Kolesterol, Cek Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol Lain


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

Obat Tradisional Menurunkan Kolesterol - Manfaat daun kelor bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. Selain daun kelor, ada tanaman obat tradisional lainnya untuk menurunkan kolesterol.

Ada banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan. Meskipun sering dikatikan dengan mistis, faktanya daun kelor menyimpan banyak manfaat. 

Daun kelor yang juga disebut moringa ini dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah serta memiliki kandungan antioksidan tinggi.   

Salah satu manfaat daun kelor yang terkenal di masyarakat adalah membantu menurunkan kolesterol. Efek penurun kolesterol pada daun kelor disebut mirip dengan almond dan oats. 

Tak heran, para penderita kolesterol tinggi disarankan konsumsi sayur daun kelor untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya, Umur Paruh Baya Wajib tahu

Manfaat daun kelor lainnya

Beberapa penelitian menyebutkan, daun kelor bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh, dikutip dari Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit, antara lain : 

1. Membantu mengatasi kanker 

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang pertama bisa membantu mengatasi kanker yang sedang Anda alami  

Manfaat daun kelor memiliki kemampuan dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini membuat daun kelor juga berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif.    

2. Baik untuk kesehatan jantung 

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah baik untuk kesehatan jantung.  

Ekstrak daun kelor memiliki kandungan mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh.   

3. Kaya akan antioksidan 

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah kaya akan kandungan antioksida yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. 

Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus hingga penyakit jantung.    

4. Meredakan peradangan 

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah bsia membantu meredakan peradangan.  

Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat antiperadangan. Sehingga, tumbuhan ini dipercaya dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh.    

Obat tradisional menurunkan kolesterol

Dilansir dari website Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, sejumlah tanaman bisa menjadi obat tradisional menurunkan kolesterol.

Berikut obat tradisional menurunkan kolesterol dan cara membuatnya:

1. ALPUKAT

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang pertama adalah alpukat. Alpukat membantu proses stabilisasi plak yang sudah terbentuk, sehingga tak mudah pecah. Alpukat juga kaya serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini mampu menurunkan kadar trigliserid dan kolesterol darah yang tinggi.

Cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol dengan bahan alpukat adalah siapkan 1/2 - 2 buah alpukat matang. Lalu makan buah alpukat setiap hari.

2. WORTEL

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang kedua adalah wortel.  Wortel mampu menghadang laju kolesterol darah. Tanaman ini mengandung alkaloid, flavonoid, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, B, C dan D, juga betakaroten dan asam lemak tak jenuh ganda. Vitamin C pada tanaman ini berkhasiaat sebagai antioksidan yang melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi.

Cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol dengan bahan wortel adalah siapkan 5 buah wortel segar ukuran sedang. Lalu wortel dicuci bersih, diblender atau diparut, kemudian diperas dan disaring. Minum airnya sekaligus, lakukan setiap hari.

3. BELIMBING MANIS

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang ketiga adalah buah belimbing manis. Buah belimbing mengandung protein, lemak, kalsium, foffor, besi dan vitamin A, B dan C. Buah ini berkhasiat sebagai antiinflamasi, peluruh kencing (diuretik) dan peluruh air liur (sialagoga).

Cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol dengan bahan belimbing adalah siapkan 2 buah belimbing manis besar. Lalu makan buah belimbing setelah makan pagi dan makan malam, masing-masing 1 buah.

4. JAMUR LINGZHI

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang keempat adalah jamur lingzhi.

cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol dengan bahan jamur lingzhi adalah siapkan 10 gram jamur lingzhi. Lalu jamur lingzhi dipotong-otong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus.

5. RUMPUT LAUT.

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang kelima adalah rumput laut.

Cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol dengan rumput laut adalah siapkan 30 gram rumput laut kering. Lalu rumput laut digiling menjadi bubuk. Masukkan ke dalam cangkir, lalu seduh dengan air mendidih. Minum air tersebut setiap hari.

6. ASAM.

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang keenam adalah daun asam.

Cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol dengan daun asam adalah siapkan 12 gram daun asam segar. Daun asam dicuci bersih, lalu didihkan dengan air 1 gelas selama 15 menit. Setelah dingin, air disaring lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

7. BAWANG MERAH.

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang ketujuh adalah bawang merah.

Cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol dengan bawang merah adalah siapkan 20 gram bawang merah segar. Bawang merah diiris tipis-tipis, dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran yang sama.

8. BAWANG PUTIH.

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang kedelapan adalah bawang putih.

Cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol dengan bawang putih adalah siapkan 1-2 siung bawang putih. Bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipiskan dan dibuat bulatan kecil. Lalu ditelan. Lakukan 2 kali sehari.

9. TEMULAWAK.

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang kesembilan adalah temulawak.

Cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol dengan temulawak adalah siapkan 3 jari rimpang temulawak segar. Rimpang temulawak dikupas kulitnya, lalu diparut, tambahkan 3/4 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, endapannya dibuang, airnya diminum. Lakukan setiap hari.

10. SELEDRI.

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang ke-10 adalah akar seledri.

Cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol yang ke-10 adalah siapkan 30 gram akar seledri segar. Akar seledri dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, minum sekaligus.

11. DAUN SIRIH.

Obat tradisional menurunkan kolesterol yang ke-11 adalah daun sirih.

Cara membuat obat tradisional menurunkan kolesterol dengan bahan daun sirih adalah siapkan 15 lembar daun sirih segar. Daun dicuci bersih, lali direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring dan diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

Itulah manfaat daun kelor untuk kesehatan dan obat tradisional lain menurunkan kolesterol dengan cepat. Ingat, obat tradisional menurunkan kolesterol ini bukan untuk menggantikan obat dokter. Anda tetap harus minum obat dokter untuk menurunkan kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×