kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat buah salak ini berguna untuk kesehatan Anda


Sabtu, 28 November 2020 / 15:10 WIB
Manfaat buah salak ini berguna untuk kesehatan Anda


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat buah salak berguna untuk mengatasi beberapa jenis masalah kesehatan tubuh. Hal itu berasal dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut ini beberapa kegunaan yang bisa Anda dapatkan.

Obat Mata

Salak mengandung banyak beta karoten yang bisa dimanfaatkan sebagai obat mata. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi salak secara rutin agar kesehatan mata terjaga. Sama seperti wortel, Anda bisa mengonsumsi salak dalam bentuk jus.

Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Salah satu masalah sistem pencernaan yang sering dialami seseorang adalah sembelit dan diare. Kondisi tersebut bisa Anda atasi dengan mengonsumsi buah salak. Tak hanya beta karoten, Healthbenefitstimes.com mengatakan bahwa salak mengandung nutrisi lain.

Misalnya, tannin, flavonoid, dan saponin. Tanin berguna untuk mengobati diare yang sedang Anda alami. Sedangkan sembelit bisa diatasi dengan mengonsumsi salak bersama dengan kulit arinya.

Baca Juga: Kaya antioksidan, inilah 6 khasiat buah naga untuk kesehatan

Mengontrol Gula Darah

Tak hanya daging buahnya, manfaat buah salak juga dapat berasal dari kulitnya. Anda bisa mengolah kulit salak menjadi teh dan meminumnya untuk mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Artinya, jenis buah ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kandungan kulit salak berguna untuk regenerasi sel di pankreas. Selain itu, gula darah juga bisa turun karena adanya kandungan pterostilbene. Supaya jumlah gula darah Anda stabil, usahakan untuk mengonsumsi salak secara rutin.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mengandung banyak beta karoten, salak juga memiliki banyak potasium yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Healthbenefitstimes.com mengatakan bahwa antioksidan dan mineral yang cukup dalam tubuh mampu membuat jantung berfungsi secara normal.

Baca Juga: Bisa cegah obesitas, inilah 5 manfaat kurma menurut ahli gizi

Cocok untuk Wanita Hamil

Wanita hamil harus sangat memerhatikan makanan yang dikonsumsi agar kesehatan diri dan janin terjaga. Salah satu sumber makanan yang baik dikonsumsi untuk wanita hamil adalah salak, apalagi bagi Anda yang masih sering mual di pagi hari atau mengalami morning sickness.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat buah salak adalah bisa menurunkan berat badan Anda.

Karena mengandung banyak serat dan antioksidan, salak bisa Anda masukkan dalam menu diet sehari-hari. Buah salak juga mengandung karbohidrat dan kalsium yang mampu memberi Anda sumber energi lebih selama proses menurunkan berat badan.

Selanjutnya: 4 Manfaat buah apel ini tidak boleh Anda abaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×