Bisa cegah obesitas, inilah 5 manfaat kurma menurut ahli gizi

Selasa, 24 November 2020 | 12:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa cegah obesitas, inilah 5 manfaat kurma menurut ahli gizi

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat kurma yang berguna untuk kesehatan tubuh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang suka mengonsumsi kurma? Ternyata, buah dengan rasa manis ini memiliki banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh, lo. Dalam sebuah kurma, Anda bisa menemukan karbohidrat, protein, dan lemak. Berikut ini manfaat kurma yang bisa Anda dapat.

Kaya Antioksidan

Mengutip dari Health (health.com), kurma adalah salah satu sumber antioksidan alami terbaik yang bisa Anda konsumsi. Antioksidan berfungsi untuk mengatasi stres oksidatif yang muncul karena banyaknya jumlah radikal bebas dalam tubuh.

Jika terus dibiarkan, radikal bebas bisa menyebabkan munculnya penyakit. Kemampuan antioksidan dilengkapi pula dengan adanya antiinflamasi dan antimikroba yang mampu melawan infeksi penyakit. Beberapa jenis antioksidan dalam kurma adalah sterol, karotenoid, dan polipenol.

Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan adalah manfaat kurma lainnya yang bisa Anda dapat. Health mengatakan bahwa tiga kurma mampu memenuhi 18% kebutuhan serat per hari sehingga kesehatan sistem pencernaan bisa terjaga.

Baca Juga: Ini manfaat kurma untuk kesehatan tubuh

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kurma secara rutin mampu memperlancar buang air besar. Tak hanya itu, kurma juga mampu mengurangi zat kimia dalam feses yang dapat merusak sel dan berpotensi menyebabkan kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain berguna untuk melawan radikal bebas dan menjaga kesehatan sistem pencernaa, kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi kurma secara rutin berpengaruh pada BMI, jumlah kolesterol, dan gula darah yang berkaitan dengan kondisi jantung.

Penderita diabetes berpotensi dua kali lebih besar untuk mengalami penyakit jantung, termasuk serangan jantung. Dengan mengonsumsi kurma, risiko tersebut bisa turun. Selain itu, mengonsumsi kurma juga mampu meningkatkan kesehatan mental dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Kurma tak hanya sehatkan pencernaan

Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu manfaat kurma adalah menyeharkan kondisi otak Anda.

Senyawa pelindung dalam kurma berguna untuk menjaga kesehatan otak. Mengutip dari Health, kurma memiliki potensi terapeutik untuk mengatasi penyakit alzheimer. Buah tersebut mampu melawan inflamasi dan stres oksidatif yang terjadi dalam otak.

Menghindari Obesitas

Sebaiknya, wanita tidak mengonsumsi gula lebih dari 25 mg per hari dan laki-laki tidak mengonsumsi lebih dari 36 g per hari. Dengan mengonsumsi kurma, Anda tidak akan menggunakan batas maksimal tersebut karena kurma 0 g pemanis tambahan. Artinya, mengonsumsi kurma bisa menghindarkan Anda dari obesitas.

Selanjutnya: Manfaat susu kurma yang orang jarang tahu

Editor: Belladina Biananda


Terbaru