kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45986,03   -3,90   -0.39%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Biji Durian Untuk Kesehatan, Cek Cara Memilih Durian Matang


Kamis, 07 Desember 2023 / 11:49 WIB
Manfaat Biji Durian Untuk Kesehatan, Cek Cara Memilih Durian Matang
ILUSTRASI. Manfaat Biji Durian Untuk Kesehatan, Cek Cara Memilih Durian Matang


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Manfaat Biji Durian - Jakarta. Untuk Anda penggemar buah durian, jangan langsung membuang biji durian. Ternyata, manfaat biji durian untuk kesehatan tubuh sangat banyak.

Untuk mendapatkan manfaat biji durian, biji harus diolah terlebih dahulu. Berikut cara mengolah biji durian. Kenali juga cara memilih durian matang.

Jelang akhir tahun adalah periode yang menyenangkan bagi penggemar durian. Pasalnya, bulan Desember ini sedang berlangsung panen durian di sejumlah daerah.

Tak heran, banyak pedagang durian yang berjejer-jejer di pinggir jalan.

Nah, jika Anda konsumsi durian, biasanya langsung membuang bijinya. Mulai sekarang, kumpulkan biji durian karena bisa diolah dan dimakan.

Makan biji durian memberikan manfaat besar untuk kesehatan tubuh. Berikut sejumlah manfaat biji durian untuk kesehatan seperti dilansir dari Kompas.com:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat biji durian yang pertama adalah dapat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini lantaran, biji buah durian mengandung nutrisi seperti kalium, fosfor, vitamin B, dan kalsium yang tinggi. Di mana, nutrisi-nutrisi tersebut bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah dari risiko osteoporosis.

2. Menguatkan otot dan menjaga daya tahan tubuh

Manfaat biji durian yang kedua adalah menguatkan otot dan menjaga daya tahan tubuh. Kandungan protein dalam biji durian cukup tinggi sehingga bermanfaat menambah energi, menguatkan otot tubuh, dan menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, protein tersebut juga membantu tubuh dalam mengikat kelebihan lemak dalam tubuh.

3. Sumber energi dan tenaga

Manfaat biji durian yang ketiga adalah sebagai sumber energi. Biji durian mengandung sari pati yang tinggi, sehingga bisa membantu memasok kebutuhan energi tubuh.

Berdarkan hasil penelitian, biji durian mengandung karbohidrat sebanyak 46,2 persen. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan singkong yang memiliki karbohidrat sekitar 34,7 persen, dan juga ubi jalar yang memiliki karbohidrat sekitar 27,9 persen.

Tingginya karbohidrat ini dapat memberikan peluang besar untuk memanfaatkan biji durian sebagai bahan baku pangan yang kaya akan sumber energi.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat biji durian yang keempat adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Biji durian diketahui mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi otot jantung dan mencegah terjadinya sindrom koroner akut. Sehingga, menambahkan biji durian dalam menu makanan dapat menjadi langkah awal untuk menjaga kesehatan jantung dari berbagai penyakit berbahaya.

Selain antioksidan, biji durian juga mengandung vitamin C yang dapat bermanfaat dalam membantu melawan radikal bebas dan membantu mencegah kerusakan sel tubuh.

5. Menurunkan risiko tekanan darah tinggi

Manfaat biji durian yang kelima adalah menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Manfaat tersebut didapat berkat kandungan kalium yang tinggi dalam biji durian. Kalium dapat mengurangi ketegangan yang terjadi di dinding pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, makanan yang mengandung kalium dapat membantu mengurangi kadar garam berlebih dalam tubuh dengan cara mengeluarkannya melalui urine.

6. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat biji durian yang keenam adalah menjaga sistem pencernaan. Hal ini lantaran, biji durian tidak hanya tinggi serat, namun juga mengandung vitamin B1 yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Kombinasi tersebut membuat biji durian berperan dalam membantu mengatasi masalah pencernaan dan memperkuat sistem pencernaan Anda.

Cara mengolah biji durian

Untuk mendapatkan manfaat dari biji durian, Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu. Cara mengolah biji durian bisa dengan direbus langsung seperti merebus ubi dan singkong atau bisa juga menjadikannya sebagai keripik. Selain itu, biji durian juga bisa diolah sebagai bubuk kopi atau tepung untuk bahan pembuatan kue, bubur dan lainnya.

Meskipun mengandung manfaat, perlu diingat bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi biji durian dalam kondisi mentah dan tidak pula dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Hal ini karena, di dalam biji durian terdapat kandungan asam lemak siklopropena yang merupakan racun berbahaya bagi tubuh. Untuk itu, pastikan memasak biji durian hingga benar-benar matang agar bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan.

Cara memilih durian yang matang

Diberitakan Kompas.com, berikut cara memilih durian matang:

1. Gores batangnya

Salah satu cara memilih durian matang dengan menggoreng batang. Dilansir dari Michelin Guide, cara memilih durian matang bisa melihat tanda-tanda dari bagian batangnya.

Caranya, cobalah untuk mengambil sedikit bagian ujung batang pada durian dengan ujung jari. Kemudian perhatikan bagian dalam dari durian. Jika batangnya menunjukkan bagian dalam yang berdaging dan berwarna hijau, tandanya durian sudah telah jatuh dari pohonnya dalam waktu 24 jam terakhir.

Apabila batang berwarna lebih gelap, itu tandanya durian dipanen lebih awal daripada waktu yang seharusnya.

2. Ciumlah aroma durian

Kemudian, cara memilih durian matang juga bisa dengan mencium aroma buah. Aroma yang tercium dari buah durian merupakan indikator kesegaran dan rasanya.

Mintalah penjual durian untuk memegang buahnya, lalu ciumlah aromanya di bagian garis yang biasa digunakan untuk membelah durian. Usahakan ketika mencium aromanya di bagian yang dekat dengan batangnya.

Bagian ini punya kulit yang lebih tipis daripada bagian bawah, sehingga aroma yang dikeluarkan juga akan lebih mudah tercium. Secara umum, ada dua jenis aroma dari buah durian.

Jika aromanya segar dan mengingatkan kita pada daun-daun hijau, itu tandanya daging buah duriannya manis. Namun, jika ada aroma yang sedikit menyengat, tanda ini bisa menunjukkan adanya rasa pahit pada daging buahnya.

Apabila durian tidak mengeluarkan bau, berarti durian tersebut masih mentah dan belum siap dipanen. Lalu jika aromanya terlalu kuat, itu adalah tanda bahwa buahnya terlalu matang.

3. Perhatikan suaranya saat ditepuk

Selanjutnya, cara memilih durian matang adalah dengan menepuk buahnya. Kadang kala penjual durian menepuk-nepuk buah ini sebelum diberikan ke pembeli. Cara ini juga bisa dilakukan ketika ingin memilih buah durian yang manis dan legit

Cobalah untuk menepuk-nepuk buah durian dengan menggunakan pisau yang tersedia. Buah durian yang sudah matang akan terdengar suara seperti drum, karena buahnya lebih berongga dan ada celah udara di dalamnya

4. Perhatikan bentuk buahnya

Memperhatikan bentuk buah durian juga bisa menjadi cara memilih durian yang bagus. Umumnya, orang-orang akan memilih buah durian dengan bentuk oval atau bulat sempurna yang mengindikasikan bagian dalamnya manis dan legit.

Namun, buah dengan bentuk sedikit melengkung ternyata bisa juga memiliki rasa yang manis. Meskipun buah berbentuk aneh mengandung lebih sedikit ruang, daging buahnya bisa lebih beraroma dan kuat. Selain itu, durian dengan bentuk melengkung cenderung memiliki daging yang teksturnya lebih lembut dan creamy.

Untuk ukurannya, baik ukuran besar maupun kecil, ciri ini tidak menunjukkan manis tidaknya daging durian. Artinya, tidak masalah jika ingin membeli durian dengan ukuran besar maupun kecil.

5. Perhatikan suaranya saat dikocok

Cara memilih durian matang selanjutnya adalah perhatikan suaranya saat dikocok. Dilansir dari The Spruce, untuk memilih durian yang manis dan legit, cobalah untuk mengangkat lalu sedikit mengocoknya. Jika tidak ada suara, tandanya durian yang dipilih sudah terlalu matang saat diambil.

Sebaliknya, apabila terdengar suara ketukan yang cukup keras, hal ini menandakan buah durian belum cukup matang. Pilihlah durian yang jika dikocok terdengar suara yang lembut dan halus, karena ciri ini menunjukkan durian telah matang sempurna.

Manfaat makan durian untuk kesehatan

Durian adalah salah satu buah eksotis yang populer dari Asia Tenggara. Selain memiliki rasa yang khas, durian juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.  

Buah yang identik dengan duri dan aromanya ini ternyata tidak hanya enak untuk disantap. Durian mengandung ragam vitamin dan mineral, karbohidrat, lemak, serta protein. 

Selain dinikmati mentah, banyak pula yang mengonsumsi durian dalam bentuk jus, direbus, diolah menjadi pancake atau bahkan dijadikan pendamping menu makanan utama.  

Tak hanya terkenal dengan karakteristik uniknya, durian juga mengandung vitamindan mineral yang termasuk tinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan kebanyakan.  

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan Tubuh. Konsumsi Rutin Moms!

Selain itu, melansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa Manfaat makan durian yang baik untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui, antara lain:  

1. Memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat

Manfaat makan durian yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui pertama adalah memiliki banyak kandungan nutrisi.

Buah ini mengandung serat yang dapat mencegah diare, sembelit, dan divertikulitis atau infeksi pada kantongan di saluran pencernaan. 

Selain serat, Anda juga bisa memenuhi asupan protein dari durian. Buah eksotis ini juga mengandung vitamin C, vitamin B-6, potassium, tembaga, riboflavin, dan tiamin.  

2. Mencegah risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Manfaat lain dari makan durian adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ini karena durian memiliki gizi yang bsia membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.  

Tak hanya itu, buah berduri ini juga diyakini mampu mengurangi risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi berkat kandungan asam lemak di dalamnya.  

Baca Juga: Baik Dikonsumsi Saat Diet, Ini Sederet Manfaat Telur Rebus Moms

3. Melawan infeksi bakteri

Manfaat makan durian yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui ketiga adalah melawan infeksi bakteri. 

Terdapat senyawa flavonoid, terpenoid, steroid, fenolik dan tanin pada kulit durian.

Namun, untuk mendapatkan manfaatnya harus dilakukan ekstraksi terlebih dahulu di laboratorium.  

Senyawa-senyawa ini dapat melawan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat dan hal ini telah terbukti oleh suatu penelitian yang dilakukan di Bali. 

4. Memperkecil peluang terkena kanker

Manfaat makan durian yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui keempat adalah memperkecil peluang terkena kanker. 

Anda juga dapat mengurangi risiko terkena kanker dengan rutin mengonsumsi buah durian. Hal ini dikaji dalam sebuah studi dari jurnal Food Chemistry. 

Selain itu, kandungan polifenol pada durian juga mengurangi aktivitas apoptosis. Apoptosis adalah salah satu proses yang memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh.  

Baca Juga: Jangan Disepelekan Moms! Ini 5 Penyebab Utama Asam Lambung Naik

5. Mencegah penuaan dini

Manfaat makan durian yang luar biasa untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui kelima adalah mencegah penuaan diri. 

Siapa sangka bahwa ternyata Manfaat makan durian juga dapat menjaga kesehatan kulit?

Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya berperan dalam memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, rambut rontok, bahkan gigi goyang.

Itulah manfaat biji durian dan cara memilih durian matang. Jadi, jangan lagi buang biji durian ya!

Selanjutnya: Rayu Jokowi, Menteri Bahlil Minta Tukin ASN DPMPTSP Naik

Menarik Dibaca: 7 Arti Warna Alami Bibir Berdasarkan Kesehatan Tubuhmu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×