kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,26   9,90   1.07%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cek, 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan dan Cara Merebusnya di Rumah


Sabtu, 07 Oktober 2023 / 08:45 WIB
Cek, 10 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kesehatan dan Cara Merebusnya di Rumah


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Jambu biji adalah pohon tropis yang berasal dari Amerika Tengah dan dikenal memiliki segudang manfaat. Padahal, selain buahnya, ada sejumlah manfaat daun jambu biji untuk kesehatan sehingga sering diekstrak dan dijadikan suplemen.

Selain itu, daun jambu biji juga sering dijadikan teh dan dinikmati dengan cara diseduh air panas. Daun jambu biji kaya akan antioksidan, vitamin C, potasium, dan serat. 

Kandungan nutrisi yang luar biasa ini memberi mereka banyak manfaat daun jambu biji untuk kesehatan.

Salah satu manfaat daun jambu biji untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan fungsi pencernaan. Selain itu, apa saja manfaat daun jambu biji? 

Baca Juga: Punya Beragam Khasiat, Ini 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan 

Manfaat daun jambu biji

Dirangkum dari laman Healthline dan buku "Ilmu Dasar Mengenai Jamu Tradisional & Herba Terstandar", berikut adalah sejumlah manfaat daun jambu biji untuk kesehatan:

1. Mengobati diare

Manfaat daun jambu biji adalah obat diare alami yang ampuh. Kandungan daun jambu biji bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare. 

Cara menggunakan daun jambu biji sebagai obat diare yakni daun jambu biji direbus dalam air mendidih kemudian disaring dan diminum. 

Untuk memaksimalkan khasiat daun jambu biji, maka air rebusan tersebut diminum saat perut kosong. 

2. Mengobati sariawan dan sakit gigi

Manfaat daun jambu biji juga bisa membantu mengobati sariawan dan sakit gigi. Pasalnya, daun jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak sehingga masalah sariawan dan sakit gigi dapat teratasi. 

Caranya cukup mudah yakni dengan mengunyah daun jambu biji mentah-mentah. 

Baca Juga: Cara Jitu Turunkan Berat Badan Berlebih Tanpa Obat Pelangsing Apapun

3. Membantu meredakan gejala nyeri haid

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan juga bisa membantu meredakan gejala nyeri haid pada wanita. Banyak wanita yang mengalami gejala PMS atau premenstrual syndrome yang menyakitkan seperti nyeri kram perut.

Sebuah studi pada 197 wanita yang mengalami gejala nyeri saat menstruasi menemukan bahwa mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hari menurunkan intensitas nyeri. 

Selain itu, manfaat ekstrak daun jambu biji juga diduga dapat membantu meredakan kram rahim.

4. Bermanfaat bagi sistem pencernaan

Manfaat daun jambu biji bisa menyehatkan usus dan mencegah sembelit. Jambu biji adalah sumber serat makanan yang sangat baik.

Oleh karena itu, makan lebih banyak jambu biji dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit. Satu buah jambu biji dapat memberikan 12% dari asupan serat harian yang direkomendasikan. 

Selain itu, ekstrak daun jambu biji dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Studi menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji bersifat antimikroba. Sehingga dapat menetralkan mikroba berbahaya di usus yang dapat menyebabkan diare. 

Cara memanfaatkan daun jambu biji sangat mudah yakni dengan meminum air rebusan daun jambu biji. Ramuan ini juga ampuh mencegah pertumbuhan mikroba, sehingga menyehatkan sistem pencernaan. 

Baca Juga: 8 Buah Terbaik untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Tinggi Bisa Jinak Lagi

5. Mencegah obesitas

Manfaat daun jambu biji ternyata juga bisa mencegah berat badan berlebih. Caranya cukup mudah yakni dengan mengonsumsi sari daun jambu biji lantaran daun jambu biji ini akan mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula. 

6. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat daun jambu biji juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, jambu biji adalah sumber vitamin C. 

Satu jambu biji menyediakan sekitar dua kali lipat Reference Daily Intake (RDI) untuk vitamin C. Ini hampir dua kali lipat jumlah yang didapatkan dari makan jeruk. 

Vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.  Meski tidak terbukti mencegah flu biasa, vitamin C terbukti mengurangi durasi pilek. 

Baca Juga: Periksa 5 Bahaya dan Tanda Minum Susu Sapi Berlebihan, Kenali Gejalanya

7. Baik untuk wajah dan kulit 

Manfaat daun jambu biji untuk wajah dan kulit yakni melindunginya dari kerusakan, memperlambat proses penuaan, dan membantu mencegah keriput.

Ekstrak daun jambu biji bahkan dapat membantu mengobati jerawat jika dioleskan langsung ke kulit. 

Satu studi tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini kemungkinan karena sifat antimikroba dan anti-inflamasinya.

8. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat daun jambu biji juga membantu meningkatkan kesehatan jantung dalam beberapa cara. Banyak ilmuwan percaya bahwa antioksidan dan kadar vitamin C yang tinggi dalam daun jambu biji dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Tingkat potasium dan serat larut yang lebih tinggi dalam jambu biji juga dianggap berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung.

Selain itu, ekstrak daun jambu biji telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, penurunan kolesterol jahat, dan peningkatan kolesterol baik. 

Sehingga, manfaat daun jambu biji juga bisa meminimalkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. 

Baca Juga: Cek, 6 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan yang Luar Biasa dan Cara Mengolahnya

9. Dapat membantu menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun jambu biji yang pertama adalah membantu menurunkan kadar gula darah. Beberapa studi tabung reaksi dan hewan menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji membantu mengontrol gula darah secara jangka panjang dan resistensi insulin. 

Beberapa studi yang melibatkan 19 orang mencatat bahwa minum teh daun jambu biji menurunkan kadar gula darah setelah makan. Efeknya bertahan hingga dua jam. 

Studi lain pada 20 orang dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa minum teh daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan lebih dari 10%.

10. Memiliki efek anti-kanker

Manfaat daun jambu biji juga bisa menjadi anti-kanker. Ekstrak daun jambu biji telah terbukti memiliki efek antikanker. 

Penelitian tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji dapat mencegah bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker. 

Baca Juga: Buktikan Moms! ini 5 Buah untuk yang Ampuh Menyembuhkan Sariawan

Hal ini kemungkinan karena tingginya tingkat antioksidan yang mencegah radikal bebas merusak sel yang salah satu penyebab utama kanker. 

Satu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa minyak daun jambu biji empat kali lebih efektif menghentikan pertumbuhan sel kanker daripada obat kanker tertentu. 

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat manfaat ekstrak jambu biji sebagai obat kanker pada manusia. 

Demikian sejumlah manfaat jambu biji untuk kesehatan dan wajah. 

Selanjutnya: Katalog Promo Tupperware Oktober 2023, Harga Hemat Funtastic Four, Tumbler Denali

Menarik Dibaca: Kumpulan Ucapan HUT Kota Jogja 2023 Bahasa Jawa, Bisa Jadi Status WA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×