kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat berjalan mundur bagi kesehatan, dari bakar kalori hingga bagus untuk mata


Kamis, 20 Mei 2021 / 13:22 WIB
Manfaat berjalan mundur bagi kesehatan, dari bakar kalori hingga bagus untuk mata


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Jalan kaki adalah olahraga sederhana yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Agar lebih banyak mendapatkan manfaat bagi kesehatan, kamu bisa mengubah cara olahraga jalan kaki yakni dengan berjalan mundur. Apa saja manfaat olahraga berjalan mundur bagi kesehatan?

Berjalan mundur atau walking backwards barangkali dikira sebagai kegiatan yang sia-sia. Namun ternyata, kegiatan yang dianggap tidak ada gunanya itu justru memiliki manfaat kesehatan.

Ya, dengan berjalan atau berlari kecil (jogging) mundur sekitar 10-20 menit selama2-3 kali seminggu, kita akan melihat perubahan pada tubuh kita. Berikut ini manfaat kesehatan yang dapat diperoleh jika kita rutin melakukan olahraga berjalan mundur:

1. Membakar kalori

Sama seperti jalan kaki biasa, olahraga berjalan juga memberikan manfaat bagi kesehatan berupa pembakaran kalori. Namun, berjalan mundur merupakan tantangan bagi tubuh dan membantu kita membakar lebih banyak kalori daripada berjalan normal.

Baca juga: Cara memulihkan kemampuan paru-paru setelah sembuh dari Covid-19

2. Meningkatkan keseimbangan

Manfaat lain berjalan mundur bagi kesehatan adalah meningkatkan keseimbangan. Kita terbiasa bergerak maju saat berjalan atau berlari, namun melangkah mundur bukanlah hal yang familier atau umum bagi kita. Dengan mempraktikkan berjalan mundur, kita bisa melatih sekaligus meningkatkan keseimbangan dan stabilitas.

3. Meningkatkan kewaspadaan

Manfaat berjalan mundur bagi kesehatan yang lainnya adalah meningkatkan kewaspadaan. Ketimbang berjalan maju, kita perlu ekstra hati-hati saat berjalan mundur. Karena jika tidak, kita bisa terpeleset dan jatuh, dan menyebabkan cedera. Berjalan mundur akan membantu meningkatkan kewaspadaan kita.

Simak manfaat berjalan mundur bagi kesehatan di halaman selanjutnya




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×