kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara memulihkan kemampuan paru-paru setelah sembuh dari Covid-19


Rabu, 12 Mei 2021 / 06:00 WIB
Cara memulihkan kemampuan paru-paru setelah sembuh dari Covid-19
ILUSTRASI. Meniup balon, salah satu cara latihan untuk memulihkan paru-paru setelah sembuh dari Covid-19


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Setelah sembuh dari infeksi virus corona penyebab Covid-19, masyarakat disarankan melakukan sejumlah aktivitas untuk pemulihan kesehatan. Salah satunya adalah memulihkan kapasitas paru-paru. Simak cara memulihkan kapasitas partu-paru agar kembali normal setelah terinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Jika paru-paru kita terkena dampak selama terinfeksi Covid-19, sangat penting untuk mengikuti pedoman dan teknik tertentu guna mengembalikannya ke kapasitas semula. Pneumonia akibat Covid-19 dapat menyebabkan beberapa komplikasi, dan itulah alasan seseorang harus sangat berhati-hati selama fase pemulihan.

Berikut adalah beberapa latihan yang direkomendasikan fisioterapis, yang harus kita lakukan setidaknya 6-7 kali setiap hari untuk memulihkan kapasitas paru-paru setelah terinfeksi Covid-19.

1. Tes spirometri

Cara pertama untuk memulihkan kapasitas paru-paru setelah terinfeksi Covid-19 adalah dengan tes spirometri. Tes spirometri adalah salah satu metode untuk kembali memperkuat paru-paru.

Cara yang benar untuk melakukannya adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan mencoba mengangkat semua bola, lalu hembuskan napas di luar alat. Selain itu, pastikan juga tidak ada gerakan tersentak-sentak. Jadi, kita harus menggunakannya dengan sangat halus.

Baca juga: Waspadai efek samping vaksin Covid-19 yang berlangsung lama

2. Pursed lip breathing

Cara kedua untuk memulihkan kapasitas paru-paru setelah sembuh dari Covid-19 adalah melakukan pursed lip breathing. Pursed lip breathing (PLB) adalah teknik pernapasan penting lainnya yang membantu membuka paru-paru.

Kita bisa melakukannya dengan menutupi bibir dan tarik napas dalam-dalam dari hidung. Setelah itu, buat huruf O dan buang napas dari mulut dan ulangi sebanyak yang kita mampu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×