kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makanan yang Cocok Untuk Mengatasi Asam Lambung, Pisang, Cuka Apel, Permen Karet Dll


Jumat, 12 Agustus 2022 / 14:28 WIB
Makanan yang Cocok Untuk Mengatasi Asam Lambung, Pisang, Cuka Apel, Permen Karet Dll
ILUSTRASI. Makanan yang Cocok Untuk Mengatasi Asam Lambung, Pisang, Cuka Apel, Permen Karet Dll


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Catat daftar makanan yang cocok untuk penderita asam lambung. Daftar makanan ini bisa mengatasi asam lambung yang sering kambuh pada malam hari dan menyebabkan dada sesak hingga sakit kepala.

Penderita asam lambung harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan. Pasalnya, beberapa makanan bisa memicu naiknya asam lambung dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Namun, untungnya ada beberapa makanan penurun asam lambung yang dapat dimanfaatkan ketika sewaktu-waktu mengalami kekambuhan. Beberapa makanan untuk mengatasi asam lambung berikut ini bahkan sudah teruji manfaatnya.

Menurut Mary Rouzer, DNP, seorang praktisi perawat yang berfokus pada gastroenterologi dengan Jaringan Dokter Franciscan Health, dalam kasus gejala ringan hingga sedang, pengobatan asam lambung bisa dilakukan dengan bahan sederhana. "Kecuali kerongkongan Anda mengalami kerusakan, tidak apa-apa untuk mencoba pengobatan alami untuk refluks asam," katanya, seperti dilansir Franciscan Health.

Deretan makanan yang cocok untuk mengatasi asam lambung

Sejumlah makanan diketahui mengandung beberapa senyawa yang mampu menetralkan refluks asam lambung. Berikut rekomendasi 6 makanan yang cocok untuk mengatasi asam lambung saat kambuh.

Baca Juga: Cara Menyembuhkan Ambeien dengan Obat Alami, Perhatikan Juga Cara Mencegah Kambuh

1. Cuka apel

Bahan makanan pertama yang cocok untuk mengatasi asam lambung adalah cuka apel. Menelan sedikit atau sekitar satu sendok teh cuka apel yang dicampur dengan air dapat mengurangi tingkat keasaman di lambung. "Beberapa orang bisa kembali pulih dengan cara ini. Tetapi, beberapa yang lain justru bisa lebih buruk," jelas Rouzer.

Hal itu tergantung pada kondisi lambung setiap penderitanya hingga tingkat toleransi tubuh masing-masing dalam menerima asupan asam dari cuka apel. Meski manfaat ini masih memerlukan penelitian ilmiah lebih lanjut, tetapi Rouzer menyebut bahwa cuka sari apel yang diencerkan cukup aman dikonsumsi saat asam lambung kambuh.

2. Minuman probiotik

Bahan makanan kedua yang cocok untuk mengatasi asam lambung adalah minuman probiotik. Probiotik dikenal sebagai obat dari segala macam masalah yang berkaitan dengan gastrointestinal, seperti diare, kembung atau produksi gas lambung yang berlebih. "Secara medis, probiotik bisa meredakan sakit maag, asalkan minuman probiotiknya berkualitas," paparnya.

3. Mengunyah permen karet

Bahan makanan ketiga yang cocok untuk mengatasi asam lambung adalah permen karet. Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula 30 menit setelah makan, dapat menekan produksi asam lambung dan mengurangi kadar asam di kerongkongan.

Hal itu dikarenakan mulut dan kelenjar produksi air liur menjadi lebih aktif. Seperti kita ketahui, air liur dapat menetralkan kadar asam baik di mulut dan di saluran cerna. "Namun sebagian orang yang makan permen karet rasa mint atau peppermint malah bisa memperburuk gejala."

"Lebih baik pilih permen karet bebas gula dan menghindari rasa yang berhubungan dengan mint," lanjut dia.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil, Apa Saja?

4. Jus lidah buaya

Bahan makanan keempat yang cocok untuk mengatasi asam lambung adalah jus lidah buaya. Tak cuma bermanfaat untuk menenangkan luka bakar di kulit akibat paparan sinar matahari.

Ternyata lidah buaya juga ampuh dalam menenangkan lambung yang tengah bergejolak akibat produksi refluks yang meningkat. "Cobalah mengonsumsi jus lidah buaya selama Anda membelinya dari sumber tepercaya sehingga membuat lebih yakin bahwa Anda mengonsumsi produk yang murni dan aman," jelas Rouzer.

5. Pisang

Bahan makanan kelima yang cocok untuk mengatasi asam lambung adalah pisang. Buah pisang dikenal akan rasa manis dan tekstur yang lembut.

Mengonsumsi pisang saat asam lambung kumat dapat meringankan gejala mulas, ketidaknyamanan di perut hingga mual. "Vitamin dalam pisang membantu menghentikan kejang gastrointestinal, tetapi belum jelas apakah buah ini dapat mempengaruhi refluks asam," kata Rouzer.

"Pada intinya, pisang adalah makanan enak dan ringan bagi kebanyakan orang."

6. Jahe

Bahan makanan keenam yang cocok untuk mengatasi asam lambung adalah jahe. Minuman herbal yang terbuat dari jahe memiliki efek menenangkan perut.

Mirip seperti aloe vera, sejumlah senyawa pada jahe juga dapat menenangkan perut hingga mencegah dan mengatasi peradangan. Meski dikatakan sebagai makanan penurun asam lambung, tetapi dalam penggunaannya, jahe seringkali dijadikan minuman hangat. Minuman yang terbuat dari Jahe juga dapat membantu mengatasi diare, kembung dan produksi gas berlebih.

Itulah daftar bahan makanan yang cocok untuk mengatasi asam lambung. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Makanan Penurun Asam Lambung, Bisa Dikonsumsi Saat Kambuh",


Penulis : Dinno Baskoro
Editor : Wisnubrata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×