Cara Menyembuhkan Ambeien dengan Obat Alami, Perhatikan Juga Cara Mencegah Kambuh

Jumat, 12 Agustus 2022 | 05:00 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Menyembuhkan Ambeien dengan Obat Alami, Perhatikan Juga Cara Mencegah Kambuh


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara menyembuhkan ambeien pada pria dan wanita tidak harus dengan operasi. Jika masih level ringan, cara menyembuhkan ambeien bisa dilakukan dengan obat alami.

Sejumlah bahan di rumah bisa menjadi obat alami untuk menyembuhkan ambeien pada pria dan wanita. Cara menyembuhkan ambeien dengan obat alami ini minim efek samping, sehingga aman dilakukan sendiri.

Gangguan kesehatan seperti ambeien sering kali membuat seseorang merasa tak nyaman. Hal itu karena pembengkakan akibat ambeien membuat seseorang susah beraktivitas, terutama merasa sakit saat duduk.

Ambeien atau wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum yang dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan pendarahan dubur. Ambeien dapat muncul secara eksternal atau menonjol di area anus. Ada pula internal yang mana pembengkakannya terjadi di liang rektum.

Wasir biasanya terjadi karena mengejan saat buang air besar, obesitas, atau kehamilan. Gejala umum wasir ialah rasa tak nyaman, terutama saat duduk dan buang air besar.

Melansir NHS, ambeien juga dapat menimbulkan beberapa gejala berikut ini:

  • keluar darah merah segar setelah buang air besar (BAB)
  • anus gatal
  • merasa belum tuntas, meski baru saja BAB
  • benjolan di sekitar anus rasa sakit atau nyeri di anus

Baca Juga: Bukti Ilmiah, Buah Alpukat Bermanfaat Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Ini Caranya

Ambeien biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Namun, ambeien juga dapat kambuh jika seseorang kurang asupan makanan berserat dan air putih.

Cara alami menyembuhkan ambeien pada pria dan wanita

Anda tak perlu terlalu cemas ketika menemui kondisi ambeien di anus. Ada beberapa obat alami dengan bahan rumahan yang bisa membantu meredakan dan menyembuhkan ambeien:

1. Mandi air hangat dengan garam epsom

Cara pertama menyembuhkan ambeien dengan obat alami adalah menggunakan garam epsom. Mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan iritasi akibat wasir atau ambeien.

Anda juga dapat menambahkan garam epsom ke dalam bak mandi untuk mengurangi rasa sakit akibat ambeien. Garam epsom merupakan garam garam yang terbentuk dari mineral magnesium, sulfur (belerang), serta oksigen hingga menghasilkan magnesium sulfat.

Garam epsom mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga elastisitas pembuluh arteri. Garam epsom dapat dibeli di apotek-apotek terdekat.

2. Kompres dingin

Cara kedua menyembuhkan ambeien dengan obat alami adalah dengan kompres air dingin. Anda bisa meletakkan kompres es di area anus selama 15 menit setelah buang air besar.

Kompres es berguna untuk meredakan pembengkakan wasir. Pastikan untuk membungkus es di dalam kain atau handuk lembut. Hindari mengoleskan benda beku langsung ke kulit Anda, karena dapat membahayakan atau merusak kulit.

3. Lidah buaya

Cara ketiga menyembuhkan ambeien dengan obat alami adalah menggunakan lidah buaya. Lidah buaya merupakan tumbuhan yang sering dijadikan alternatif dalam mengobati berbagai jenis penyakit.

Gel lidah buaya yang memiliki sifat anti-inflamasi ternyata mampu mengurangi iritasi pada wasir. Tidak banyak bukti klinis tentang efektivitas gel lidah buaya untuk wasir, namun National Center for Complimentary and Integrated Health, memaparkan bahwa gel lidah buaya sangat aman untuk pemakaian luar atau dioleskan pada permukaan kulit.

Anda dianjurkan untuk memakai gel lidah buaya murni dari daunnya, bukan menggunakan produk seperti lotion.

4. Gunakan tisu basah

Cara keempat menyembuhkan ambeien dengan obat alami adalah menggunakan tisu basah. Menggunakan kertas toilet setelah buang air besar dapat mengiritasi wasir yang menonjol. Anda bisa memakai tisu basah demi cegah iritasi.

Pastikan tisu yang Anda pilih tidak mengandung alkohol, parfum, atau bahan iritan lainnya. Zat-zat ini dapat memperburuk gejala wasir daripada meredakannya.

5. Pilih celana dalam berbahan katun

Cara kelima menyembuhkan ambeien dengan obat alami adalah menggunakan celana dalam bahan katun. Hindari memakai celana dalam berbahan poliester.

Pilihlah celana berbahan katun yang longgar sehingga dapat memudahkan sirkulasi udara. Hal ini untuk membantu menjaga area anus tetap bersih dan kering. Memakai celana berbahan katu yang longgar juga mengurangi gejala dan risiko infeksi pada luka terbuka atau kulit yang rusak.

6. Minyak kelapa

Cara keenam menyembuhkan ambeien dengan obat alami adalah menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat sehingga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Minyak kelapa juga memiliki sifat analgesik atau penghilang rasa sakit sehingga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh wasir. Minyak kelapa juga dapat membantu meredakan sembelit karena punya efek pencahar.

Sebagaimana diketahui, sembelit merupakan penyebab umum timbulnya ambeien. Anda bisa mengonsumsi minyak kelapa secara rutin, mengoleskannya di area anus, dan mencampur ke dalam bak mandi untuk mengatasi wasir.

Cara mencegah ambeien

Perubahan gaya hidup dan pola makan adalah cara terbaik untuk mencegah wasir dan ambeien. Penuhi nutrisi dengan konsumsi makanan bergizi serta olahraga rutin dapat membantu buang air besar rutin setiap hari.

Asupan yang paling direkomendasikan untuk mencegah wasir dan ambeien adalah makanan berserat tinggi terutama yang berasal dari tumbuhan serta banyak minum air putih. Hal ini dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, cara paling efektif untuk mencegah sembelit dan ambeien adalah pergi ke kamar mandi saat Anda mulai terasa ingin buang air besar (BAB). Menunda BAB dapat membuat usus menyerap kembali air dari tinja. Hal ini membuat tinja semakin mengeras dan sulit dikeluarkan.

Itulah berbagai cara menyembuhkan ambeien dengan obat alami. Segera hubungi dokter jika sakit berlanjut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Alami Mengatasi Ambeien",


Penulis : Elizabeth Ayudya Ratna Rininta
Editor : Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru