kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Makan yogurt secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit jantung, benarkah?


Kamis, 21 Oktober 2021 / 17:06 WIB
Makan yogurt secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit jantung, benarkah?


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yogurt disukai karena dianggap baik untuk kesehatan. Hasil penelitian menyatakan yogurt yang dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan ruisiko penyakit jantung.  

Penyakit jantung salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit jantung muncul karena banyak faktor salah satunya tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: Bisa menurunkan gula darah, ini 4 bumbu dapur yang aman dikonsumsi penderita diabetes

mengutip dari NDTV, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, mengonsumsi lebih dari dua porsi yogurt per minggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung atau stroke. 

"Kami berhipotesis bahwa asupan yogurt jangka panjang bisa mengurangi risiko masalah kardiovaskular karena beberapa penelitian kecil sebelumnya telah menunjukkan efek menguntungkan dari produk susu fermentasi," kata Justin Buendia dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston, Amerika. 

Buendia menambahkan bila hasil penelitian memberikan bukti baru bahwa yogurt bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Sekedar info, penelitian ini melibatkan lebih dari 55.000 perempuan dengan tekanan darah tinggi dari Nurses' Health Study dari 18.000 laki-laki yang berpartisipasi dalam Health Professionals Follow -up Study. 

Konsumsi yogurt yang lebih tinggi dikaitkan dengan pengurangan sekitar 30% risiko infark miokard atau serangan jantung pada perempuan dan sekitar 19% pada laki-laki. 

Kesimpulannya, konsumsi yogurt yang dikombinasikan dengan diet sehat bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih besar pada perempuan dan laki-laki yang penderita tekanan darah tinggi. 

Selain mengonsumsi yogurt Anda bisa mencoba makan bahan makanan lainnya yang sehat untuk jantung seperti oat, berry, salmon, dan kacang-kacangan. 

Baca Juga: Lagi musim, amankah penderita diabetes makan mangga?

Selanjutnya: 5 Makanan dan minuman yang bisa memicu heartburn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×