Bisa menurunkan gula darah, ini 4 bumbu dapur yang aman dikonsumsi penderita diabetes

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:48 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Bisa menurunkan gula darah, ini 4 bumbu dapur yang aman dikonsumsi penderita diabetes

ILUSTRASI. Bawang putih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjaga gula darah tetap stabil merupakan hal wajib yang harus dilakukan penderita diabetes. Ini 4 bumbu dapur yang bisa mengontrol dan menurunkan gula darah.  

Penderita diabetes wajib menjalankan diet khusus untuk menjaga kadar gula tetap stabil. 

Baca Juga: Bukan hanya alpukat, ini buah-buahan yang bikin kolesterol rontok

Selain itu, menjalankan gaya hidup sehat juga penting dilakukan penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. 

Sebagian penderita diabetes mengonsumsi obat resep dokter untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. 

Mengutip dari NDTV, beberapa bumbu dapur berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah bila dikonsumsi secara benar. 

Ini 4 bumbu dapur yang bisa menurunkan gula darah para penderita diabetes. 

1. Kunyit 

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta baik untuk kesehatan kulit. 

Para peneliti menyelidiki peran kunyit dalam mengelola diabetes. Hasilnya, kunyit bisa mengelola kadar gula darah. 

Seperti penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidance based Complementaru and Alternative Medicine mengungkapkan senyawa aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah. 

Tidak hanya itu, kurkumin juga bermanfaat untuk mengurangi risiko komplikasi terkait diabetes. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi kunyit yang dicampur dengan susu. 

2. Cengkih 

Cengkih bersifat antiseptik, antiinflamasi, analgesik, dan melancarkan pencernan. 

Cengkih membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap terkontrol dan bisa meningkatkan produksi insulin. 

3. Bawang putih 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine, bawang putih bisa meningkatkan insulin pada tikus. 

Anda pun bisa memasukkan bawang putih dalam menu diet sehari-hari. 

4. Kayu manis 

Kayu manis mengandung antioksidan yang sudah terbukti bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah puasa. 

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Internasional Journal of Molecular Science, kayu manis memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas insulin. 

Anda bisa mengonsumsi teh kayu manis agar gula darah terkontrol dan menjaga tubuh tetap sehat. 

Selain mengonsumsi salah satu dari keempat bumbu dapur di atas, Anda sebaiknya olahraga secara rutin dan mengatur pola makan agar kadar gula darah terkontrol. 

Baca Juga: Bisa mengontrol gula darah, ini manfaat kacang panjang untuk kesehatan

Selanjutnya: Bisa mengontrol gula darah, ini manfaat wedang sereh gula merah untuk kesehatan

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru