kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lakukan 4 tes ini setelah sembuh dari infeksi Covid-19


Rabu, 02 Juni 2021 / 16:09 WIB
Lakukan 4 tes ini setelah sembuh dari infeksi Covid-19
ILUSTRASI. Setelah sembuh dari infeksi Covid-19, sebaiknya lakukan beberapa tes kesehatan. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang terinfeksi Virus Corona. Jika Anda salah satunya, ada beberapa tes yang perlu Anda jalani setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Tujuannya untuk melihat bagaimana kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Infeksi Covid-19 dapat mengakibatkan efek kesehatan jangka panjang. Ada banyak orang yang mengalami kerontokan rambut setelah terinfeksi Virus Corona. Tak hanya itu, masih banyak efek samping lain yang bisa Anda alami.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memantau kondisi kesehatan. Selain melakukan tes-tes ini, Only My Health (onlymyhealth.com) merekomendasikan Anda untuk tetap terapkan protokol kesehatan secara disiplin, ya. Dengan begitu, tubuh Anda bisa terlindungi dari serangan Virus Corona.

Tes Vitamin D

Vitamin D adalah salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi Virus Corona. Namun, jumlah vitamin D Anda dapat menurun saat terinfeksi Covid-19. Melakukan tes vitamin D berguna untuk melihat jumlah vitamin D dalam tubuh.

Baca Juga: Pentingnya menyediakan stok obat dan alat medis yang memadai di masa pandemi

Jika tubuh Anda kekurangan jenis vitamin itu, disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D tambahan. Tetap ikuti saran dokter terhadap dosis vitamin D yang Anda butuhkan agar kondisi kesehatan terjaga.

Chest Scan

Selain CT scan yang digunakan untuk melihat kondisi paru-paru setelah terinfeksi Covid-19, chest scan juga penting untuk Anda lakukan. Jenis pemindaian medis ini berguna untuk melihat apakah ada komplikasi kesehatan yang Anda alami atau tidak.

Baca Juga: Mempersiapkan peralatan deteksi gejala awal Covid-19

Tes Antibodi IgG

Jenis tes lainnya yang perlu Anda lakukan setelah dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19 adalah tes antibodi IgG. Melansir Only My Health, tujuan melakukan tes itu untuk melihat jumlah antibodi yang terbentuk setelah terinfeksi Virus Corona dan apakah Anda bisa mendonorkan plasma ke pasien lain atau tidak.

Tes Kolesterol

Setelah sembuh dari Covid-19, ada baiknya bagi Anda untuk melakukan tes kolesterol. Ada banyak penyintas Covid-19 yang mengalami peningkatan tekanan darah. Tujuan tes kolesterol adalah melihat bagaimana kondisi Anda sehingga penyakit yang berhubungan dengan kolesterol dan tekanan darah tinggi bisa dihindari.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Selalu sedia peralatan pendeteksi awal gejala Covid-19 secara khusus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×