HOME

Pemerintah terapkan 3T kurangi fatalitas corona, apa artinya?

Rabu, 15 Juli 2020 | 21:36 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Pemerintah terapkan 3T kurangi fatalitas corona, apa artinya?

ILUSTRASI. "Jurus jitu" yang dikatakan oleh dokter Reisa bisa dipakai untuk mengurangi kasus corona di Indonesia.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada 13 Juli 2020 Kementerian Kesehatan RI menerbitkan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19) Revisi Ke-5. Pedoman yang telah diperbarui tersebut semakin menguatkan arahan Presiden RI untuk memasifkan 3T.

Dalam Laporan Perkembangan Penanganan Covid-19 pada 15 Juli 2020, dr. Reisa Broto Asmoro dari Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 membeberkan arti 3T, yaitu Testing (pemeriksaan), Tracing (pelacakan), dan Treatment (pengobatan).

Gugus Tugas berambisi melakukan 30.000 pemeriksaan setiap hari. 3T akan diprioritaskan khusus untuk 8 provinsi: Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Papua, dan Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Airborne corona: 5 cara kurangi sebaran virus ala dokter Reisa

Dokter Reisa mengatakan, praktik 3T bisa menjadi salah satu kunci menurunkan jumlah kasus positif pasien yang terserang virus corona. Angka fatalitas karena virus covid juga akan menurun karena hal tersebut.

Namun Reisa menambahkan bahwa ada hal lain yang tetap perlu dilakukan untuk melandaikan kurva kasus corona di Indonesia dan memutus transmisi virus covid. Hal yang dimaksud meliputi:

1. Jaga Jarak Aman

Pastikan Anda menjaga jarak dengan orang lain sejauh 1 – 2 m, apalagi jika Anda sedang berada di ruang publik. Menjaga jarak akan membantu Anda untuk tidak menulari dan tertular virus corona.

Baca Juga: Hindari corona, ini 6 langkah mudah membersihkan paket kiriman

2. Disiplin Memakai Masker yang Benar

Selalu gunakan masker saat bertemu orang lain. Memakai masker bisa menjadi cara agar tidak terkena atau mengeluarkan droplet  saat berbicara, batuk, atau bersin.

Anda juga bisa membawa beberapa cadangan masker corona. Gantilah masker setelah dipakai selama 4 jam atau saat masker lembab. Masker cadangan bisa Anda berikan kepada orang lain yang tidak menggunakan masker.

3. Cuci Tangan

Lemak sabun akan membunuh virus corona dan jenis kuman lain yang sangat mungkin tertempel di tangan Anda. Cucilah tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik. Ikuti tahapan cuci tangan yang dianjurkan agar virus covid benar-benar hilang.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru