Kesehatan Umum

Kunyit Punya Manfaat dan Risiko untuk Kulit, Ini Penjelasannya

Kamis, 22 September 2022 | 10:34 WIB Sumber: Kompas.com
Kunyit Punya Manfaat dan Risiko untuk Kulit, Ini Penjelasannya

ILUSTRASI. Kunyit mendapatkan manfaat kesehatannya terutama karena kurkumin, komponen bioaktif dan memiliki sifat antiinflamasi.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kunyit merupakan rempah-rempahan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bahkan, selama ratusan tahun, orang-orang di seluruh dunia telah mengaitkan kunyit dengan khasiat penyembuhan dan manfaat kosmetik. 

Rempah-rempah ini juga tersedia dalam bentuk bumbu halus atau dalam suplemen dan produk kecantikan maupun dermatologi lainnya. 

Kunyit mendapatkan manfaat kesehatannya terutama karena kurkumin, komponen bioaktif dan memiliki sifat antiinflamasi, serta antioksidan. 

Penelitian ilmiah modern baru mulai mempelajari dampak positif kunyit, tetapi banyak yang percaya bahwa kunyit memiliki beberapa kegunaan yang bermanfaat bagi kulit. 

Seperti yang dilansir laman Healthline, berikut adalah beberapa manfaat dan kemungkinan risikonya untuk kulit. 

Manfaat kunyit 

Berkontribusi mencerahkan kulit secara alami 

Karena mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi, kunyit dapat memberikan membuat kulit tampak lebih cerah atau glowing secara alami. Kita bisa mencoba masker wajah kunyit di rumah untuk melihat apakah rempah-rempah ini memiliki efek positif pada kulit. 

Selain itu, kita juga dapat mencampurkan sedikit yogurt tanpa rasa, madu, dan kunyit bersama-sama, lalu mengoleskannya ke wajah dan biarkan masker selama 15 menit sebelum membersihkannya dengan air. 

Baca Juga: Cara Konsumsi Meniran untuk Menurunkan Asam Urat Tinggi

Dapat menyembuhkan luka 

Kurkumin yang ditemukan dalam kunyit dapat membantu menyembuhkan luka dengan mengurangi peradangan dan oksidasi. Ini juga menurunkan respons tubuh terhadap luka kulit yang membuat luka bisa lebih cepat sembuh. 

Penelitian telah menemukan bahwa kunyit dapat secara positif memengaruhi jaringan dan kolagen. 

Jurnal Life Sciences pun merekomendasikan penerapan kurkumin sebagai formula yang dioptimalkan untuk bekerja paling baik pada luka kulit. 

Dapat membantu psoriasis 

Kualitas antioksidan dan antiinflamasi kunyit dapat membantu psoriasis dengan mengendalikan flare dan gejala lainnya. 
National Psoriasis Foundation menyatakan bahwa kita dapat menggunakannya sebagai suplemen atau dengan menambahkannya ke makanan. 

Sebelum mencobanya, kita direkomendasikan untuk mendiskusikan dosis yang tepat dengan dokter atau layanan kesehatan lainnya. 

Baca Juga: Cara Konsumsi Temu Putih untuk Menurunkan Asam Lambung Tinggi

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru