Cara Konsumsi Meniran untuk Menurunkan Asam Urat Tinggi

Selasa, 20 September 2022 | 17:00 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Cara Konsumsi Meniran untuk Menurunkan Asam Urat Tinggi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi menimbulkan nyeri yang sangat menyakitkan. Meniran, bahan herbal yang efektif menurunkan asam urat tinggi. 

Penyakit asam urat bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Salah satu gejala yang umum dirasakan penderita asam urat adalah rasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki. 

Baca Juga: Cara Tepat Konsumsi Ketumbar agar Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat, karya dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian Dalimartha, BMedSc, penyakit asam urat muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggunya proses pembuangan asam urat di dalam tubuh. 

Meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Sekedar info, beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, dan keju. 
 
Penyakit asam urat harus segera ditangani. Umumnya, penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya. 

Namun, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi obat herbal untuk menurunkan kadar asam urat tinggi. 

Meniran penurun asam urat tinggi

Salah satu tanaman herbal yang bisa menurunkan asam urat tinggi adalah meniran. 

Mengutip dari buku berjudul Tanaman Ajaib Basmi Penyakit Dengan TOGA, meniran mengandung flavonoid yang bisa menurunkan asam urat tinggi. 

Ion natrium dan kalium dalam meniran akan membentuk senyawa garam yang mudah larut dalam air. Dengan begitu kristal asam urat dalam darah dan ginjal dapat keluar dari tubuh melalui urine. 

Melansir dari buku berjudul 1001 Resep Herbal, membuat ramuan herbal untuk menurunkan asam urat tinggi dari meniran cukup mudah. 

Anda siapkan 30 gram -60 gram meniran segar. Anda cuci meniran sampai bersih kemudian rebus dengan tiga gelas air. 

Anda rebus meniran sampai mendidih dan menyisahkan segelas air. Setelah dingin, Anda saring lalu minum sekaligus. 

Perlu diketahui, Anda sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi meniran. Sebab, meniran memiliki efek sampaing yakni memicu gangguan disfungsi ereksi alias impotensi. 

Baca Juga: Cara Tepat Konsumsi Kunyit untuk Menurunkan Asam Urat Tinggi

 

Selanjutnya: Kementerian PUPR Targetkan 283,15 Km Ruas Jalan Tol Baru Beroperasi pada Tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru