Penyakit Menular

Konsumsi makanan kaya vitamin D jadi pencegahan terinfeksi virus corona

Kamis, 22 Juli 2021 | 15:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Konsumsi makanan kaya vitamin D jadi pencegahan terinfeksi virus corona

ILUSTRASI. Selain menerapkan protokol kesehatan, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin D bisa jadi pencegah terinfeksi virus corona. REUTERS/Luis Cortes.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak cara mencegah terinfeksi virus corona yang bisa Anda lakukan. Langkah ini termasuk mengonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak vitamin D.

Mengutip dari E Times, memerhatikan makanan yang Anda konsumsi termasuk salah satu cara menjaga kesehatan di tengah pandemi virus corona. Bahkan, makanan bergizi penting saat Anda berada dalam masa pemulihan akibat Covid-19.

Cobalah untuk memasukkan jenis-jenis makanan yang mengandung banyak vitamin D dalam menu sehat yang Anda konsumsi sehari. Jenis vitamin itu mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Dengan begitu, risiko infeksi yang parah pun dapat Anda hindari.

Baca Juga: WHO: Covid-19 varian delta akan mendominasi dunia dalam beberapa bulan lagi

Baca Juga: Perlu tahu! Ini beda gejala Covid-19 dari strain awal, varian alpha, beta, dan delta

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago Medicine, tubuh yang kekurangan vitamin D dua kali lebih berisiko terinfeksi Covid-19. Hasil penelitian itu didapat dari 489 partisipan yang terinfeksi virus corona.

Selain menjaga tubuh dari serangan virus corona, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D.

E Times menyebutkan, vitamin D bisa meningkatkan penyerapan kalsium. Dengan begitu, kesehatan tulang dapat terjaga.

Tidak berhenti sampai di situ, vitamin D juga mampu mengurangi depresi dan menurunkan risiko penyakit diabetes. Jika Anda merasa ragu apakah kebutuhan tubuh Anda akan vitamin D sudah tercukupi atau belum, tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter.

Bila memang diperlukan, nantinya dokter akan memberikan saran dosis suplemen vitamin D yang Anda butuhkan. Selain itu, cobalah untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin D. Misalnya, ikan salmon dan kuning telur.

Selanjutnya: Pandemi menyerang, ini vitamin-vitamin yang diperlukan tubuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru