kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,43   -6,11   -0.67%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kolestrol Tinggi Bisa Rontok dengan Rutin Mengkonsumsi 5 Buah Ini


Minggu, 02 April 2023 / 04:30 WIB
Kolestrol Tinggi Bisa Rontok dengan Rutin Mengkonsumsi 5 Buah Ini


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi manusia. Nah, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. 

Selain ada pantangan yang harus dihindari, ada juga anjuran makanan penurun kolesterol tinggi yang baik untuk dikonsumsi bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. 

Akan tetapi, jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah, hal tersebut dapat merusak kesehatan terutama yang terkait dengan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak. 

Oleh karenanya, selain menggunakan obat penurun kolesterol, kita juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan memperhatikan apa saja makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi.

Bahkan, ada juga berbagai pilihan makanan sehat yang diketahui mampu mengurangi dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Melansir laman Kemkes.go.id, penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk menurunkan kolesterol secara alami. 

Meski prosesnya berlangsung membutuhkan waktu lebih lama dan lebih lambat dibanding obat penurun kolesterol, tapi mengonsumsi buah akan lebih aman dan tentunya tanpa efek samping.

Berikut adalah lima buah rekomendasi Kemenkes untuk menurunkan kolesterol dalam darah:

Baca Juga: Buah untuk Pemilik Kolesterol Tinggi Berbuka Puasa, Simak Cara Cek Kolesterol Sendiri

1. Tomat

Tomat termasuk dalam daftar buah-buahan penurun kolesterol yang paling ampuh. Bahkan, riset dari jurnal Maturitas menyebutkan, tomat yang sudah dimasak hampir sama berkhasiat dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).

Selain itu, tomat tidak memiliki efek samping seperti lemas, sakit otot, dan bahkan kerusakan saraf saat rutin dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Rahasia khasiat tomat terdapat pada senyawa likopen pemberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan antioksidan penting yang berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain likopen, di dalam tomat juga terkandung vitamin B dan kalium yang mampu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 6 Manfaat Jus Nanas yang Kaya Serat, Menjaga Kesehatan Jantung




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×