Khasiat buah zuriat bagi kesehatan dan cara mengonsumsinya

Kamis, 26 November 2020 | 04:35 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Khasiat buah zuriat bagi kesehatan dan cara mengonsumsinya


KONTAN.CO.ID - Buah zuriat adalah tanaman yang tumbuh subur di Arab Saudi dan negara-negara timur tengah seperti Mesir, Sudan dan sekitarnya. 

Buah yang juga dikenal sebagai pohon palem Afrika ini habitat aslinya berada di sekitar hulu sungai Nil, Mesir.  

Buah zuriat memiliki bentuk bulat seukuran 6 x 5 cm, berwarna kuning hingga coklat. Buah zuriat biasa diekstrak dan diminum airnya untuk mendapatkan manfaat kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Dirangkum dari laman Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, cara mengonsumsi buah zuriat sendiri adalah meminum air rebusan dari buah tersebut. Caranya dengan memotong menjadi beberapa bagian lalu direbus sampai sekitar 15 menit. 

Di pasar-pasar timur tengah, buah zuriat dijual dalam bentuk serbuk seperti the sehingga kita dapat langsung menyeduhnya. Lantas, apa manfaat buah zuriat bagi kesehatan? 

Baca Juga: Ciri-ciri cacingan beserta cara mencegah yang perlu Anda lakukan

Kandungan nutrisi buah zuriat 

Kandungan nutrisi buah zuriat antara lain kaya akan karbohidrat dan serat. Serat banyak ditemukan pada bagian epicarp. 

Pada daging buah banyak ditemukan asam lemak tak jenuh yaitu omega 3 dan omega 6, asam amino esensial seperti penilalanin dan leusin serta asam amino non esensial seperti glutamin dan aspartam banyak ditemukan pada kedua bagian buah tersebut.

Selain itu, buah zuriat juga mengandung makronutrisi, seperti vitamin (terutama vitamin B) dan mineral (seperti kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor). 

Beberapa studi juga menyebut ekstrak buah zuriat memiliki kandungan fenol dan flavonoid yang tinggi. Kandungan tersebut menjadikan buah ini sebagai sumber antioksidan dan antibakteri yang baik. 

Baca Juga: 4 Manfaat buah apel ini tidak boleh Anda abaikan

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru