kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,56   -6,79   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-ciri cacingan beserta cara mencegah yang perlu Anda lakukan


Rabu, 25 November 2020 / 09:59 WIB
Ciri-ciri cacingan beserta cara mencegah yang perlu Anda lakukan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cacingan atau helmintiasis adalah kondisi di mana cacing parasit menjadikan tubuh manusia atau tubuh hewan lain sebagai inang. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kondisi Anda terganggu. Maka dari itu, memerhatikan ciri-ciri cacingan perlu Anda lakukan.

Ciri-Ciri Cacingan

Cacingan biasanya banyak terjadi di negara sub tropis. Mengutip American International Medical University (aimu.us), penyakit tersebut dialami oleh lebih dari 1.5 juta manusia atau 24% dari jumlah populasi dunia.

Seseorang yang mengalami cacingan ringan biasanya tak menunjukkan gejala apa pun. Namun, jika infeksi lebih parah, Anda bisa mengalami diare, sakit perut, dan gangguan pada fisik serta kognitif. Infeksi yang disebabkan cacing tambang juga bisa menyebabkan seseorang kehilangan darah usus kronis.

Jika ciri-ciri cacingan tersebut terus dibiarkan dan tidak diatasi dengan tepat, nutrisi dalam tubuh Anda bisa terganggu. Anda bisa mengalami kekurangan zat besi, protein, vitamin A, dan nafsu makan. Saat kehilangan nafsu makan itulah perkembangan tubuh Anda terganggu.

Baca Juga: Jangan lupa selalu mencuci tangan

Penyebab Cacingan

American International Medical University mengatakan bahwa cacing gelang, cacing cambuk, dan cacing tambang adalah spesies utama yang menginfeksi manusia. Seseorang bisa terinfeksi cacingan setelah terkontaminasi dengan feses yang mengandung sel telur cacing-cacing tersebut.

Ada banyak cara bagaimana cacing menginfeksi tubuh Anda. Anda bisa terkontaminasi dari sayur yang tak dibersihkan dan dimasak dengan benar dan air yang Anda minum. Anak-anak yang bermain dengan tanah dan tidak mencuci tangan juga rawan terkena cacingan.

Cacingan tidak tertular dari satu orang ke orang lain atau dari feses yang baru saja keluar. Dibutuhkan waktu selama tiga minggu bagi sel telur untuk berkembang dewasa di tanah hingga siap menginfeksi individu.

Baca Juga: Jangan buat nyawa mubazir gara-gara abai kualitas air

Cara Mencegah Cacingan

Setelah mengetahui penyebab dan ciri-ciri cacingan tersebut, Anda bisa lebih berhati-hati untuk mencegah cacingan. Pengetahuan tentang kebersihan dan kesehatan perlu diperhatikan, apalagi bagi anak-anak yang sering bermain secara bebas.

Biasakan untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, gunakan alas kaki, dan masak buah serta sayur dengan air yang aman. Selain itu, mencukupi kebutuhan vitamin A pada anak-anak juga bisa Anda lakukan untuk mencegah cacingan.

Selanjutnya: Target Combantrin tidak hanya anak 3-12 tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×