kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kewalahan Terserang Batuk Kering, Cobalah 5 Cara untuk Meredakan


Rabu, 10 Januari 2024 / 05:07 WIB
Kewalahan Terserang Batuk Kering, Cobalah 5 Cara untuk Meredakan
ILUSTRASI. Kewalahan Terserang Batuk Kering, Cobalah 5 Cara untuk Meredakan


Reporter: Belladina Biananda | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - Cara mengobati batuk kering perlu segera Anda praktikkan. Tujuannya tentu saja, supaya kondisi kesehatan Anda tak memburuk. Anda tidak perlu merasa bingung karena ada banyak bahan alami yang bisa Anda pakai.

Batuk merupakan mekanisme tubuh untuk membersihkan benda asing yang mengiritasi saluran pernapasan. Ada banyak faktor yang jadi penyebab batuk kering. Mulai dari asma, TBC, merokok, dan alergi.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut supaya batuk bisa sembuh. Namun, jika masalah tersebut terus berlangsung hingga lebih dari dua minggu, segera periksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Garam

Laman Pharmeasy merekomendasikan garam untuk mengatasi batuk yang sedang Anda alami. Sama seperti bahan alami yang lain, garam mampu meredakan peradangan akibat batuk. Caranya, campur ½ sdt garam ke segelas air lalu gunakan campuran itu untuk berkumur.

Baca Juga: Bisa Dicoba, Inilah 4 Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Capsaicin

Capsaicin, salah satu senyawa yang bisa Anda temukan dalam cabai, efektif menyembuhkan batuk. Anda bisa merebus cabai lalu minum air rebusannya. Sebagian orang mungkin tidak cocok dengan bahan alami ini. Jadi, jangan lupa untuk mencobanya dulu dalam porsi kecil, ya.

Kunyit

Obat batuk kering juga bisa berasal dari kunyit. Jenis bahan alami tersebut mengandung antivirus, antiseptik, dan antiinflamasi yang mampu mengobati batuk secara maksimal. Kandungan dalam kunyit pun cocok mengobati masalah saluran pernapasan atas, seperti bronkitis atau tonsilitis.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Cukup tambahkan ½ sdt bubuk kunyit dalam segelas teh herbal lalu konsumsi secara rutin hingga batuk berkurang. Anda juga bisa menambahkan sedikit lada hitam supaya manfaatnya semakin terasa.

Baca Juga: Minuman Ini Efektif Meredakan Batuk, Bahannya Mudah Didapatkan

Jahe

Mengutip dari Pharmeasy, jahe cukup efektif meredakan batuk karena mengandung antiinflamasi dan antimikroba. Bahan alami itu mampu mengendurkan otot-otot di sekitar saluran pernapasan sehingga batuk berkurang.

Tidak hanya itu, mengonsumsi jahe juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi, risiko terinfeksi penyakit yang lain bisa turun. Anda bisa mengkombinasikan jahe dengan madu supaya efeknya semakin terasa.

Daun mint

Salah satu cara mengobati batuk kering adalah menggunakan daun kering.

Daun mint juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk kering, lo. Mentol yang terkandung dalam daun mint efektif mengatasi penyumbatan dan membuat sistem saraf di bagian tenggorokan mati rasa. Dengan begitu, batuk pun bisa sembuh.

Anda perlu merebus tiga hingga lima lembar daun mint. Setelah mendidih, diamkan beberapa saat hingga air tak terlalu panas. Minum air rebusan daun mint itu secara rutin sampai batuk benar-benar sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×