kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketimbang siksa diri dengan olahraga berat, ini 6 cara sehat turunkan berat badan


Kamis, 04 November 2021 / 07:13 WIB
Ketimbang siksa diri dengan olahraga berat, ini 6 cara sehat turunkan berat badan
ILUSTRASI. Ketimbang menyiksa diri dengan olahraga berjam-jam, lakukan cara menurunkan berat badan yang lebih sehat.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang ingin hasil instant dalam menurunkan berat badan? Pasti banyak yang menunjuk tangan. Apalagi, jika Anda sedang dikejar waktu. 

Tapi faktanya, hingga saat ini ramuan ajaib untuk menurunkan berat badan dengan cepat tak pernah ada. Kalau Anda pernah mendengar ada produk yang bisa melakukannya, kemungkinan itu hanya bagian dari marketing. 

Menurut para ahli, kunci utama penurunan berat badan yang sukses adalah defisit kalori. Pada dasarnya, itu berarti membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. 

Anda dapat melakukannya dengan mengurangi kalori dari makanan yang dikonsumsi atau berolahraga lebih banyak, atau kombinasi keduanya untuk mencapai penurunan berat badan. 

Lalu, mungkinkah itu dilakukan dalam waktu 2 minggu? 

Baca Juga: Ingin tekanan darah tinggi turun dan jantung sehat? Konsumsi 10 makanan ini

Jika ada kondisi tertentu yang mengharuskan Anda menurunkan berat badan dalam waktu dua minggu, Anda mungkin berpikir bahwa diet ketat dan menghabiskan berjam-jam setiap hari di gym akan membantu Anda defisit kalori yang lebih besar, yang kemudian berarti menurunkan lebih banyak berat badan. 

Namun, melansir Live Strong, cara tersebut justru bisa membuat berat badan lebih mudah naik kembali dan bisa mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Ketimbang menyiksa diri dengan olahraga berjam-jam dan makan sangat sedikit, coba lakukan enam cara menurunkan berat badan yang lebih sehat, berikut ini. 

1. Tetapkan tujuan yang realistis 

Memiliki target berat badan yang akan dicapai, akan membuat Anda lebih mudah untuk tetap fokus dan berada di jalur program diet dalam dua minggu ke depan. Namun, tetapkan target secara realistis. 

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, pedoman menurunkan berat badan yang sehat adalah setengah kilogram sampai satu kilogram dalam seminggu. 

Baca Juga: Untuk kaum mager, cara ini bisa membantu menurunkan berat badan tanpa olahraga

Jika Anda bisa menurunkan berat badan satu kilogram dalam seminggu, berarti masih mungkin untuk mencapi 2 kilogram dalam dua minggu. Meski tentu dibutuhkan disiplin dan komitmen dalam mencapainya. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×