kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketahui 8 Cara Menghilangkan Stres dan Menjaga Kesehatan Mental


Senin, 07 Maret 2022 / 10:10 WIB
Ketahui 8 Cara Menghilangkan Stres dan Menjaga Kesehatan Mental
ILUSTRASI. Ilustrasi stres.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Stres merupakan masalah yang kerap banyak dialami banyak orang. Cara menghilangkan stres dan menjaga kesehatan mental itu sangat perlu Anda ketahui. 

Pasalnya, stres bisa memicu munculnya berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan. Namun, tak jarang stres atau kesehatan mental cenderung kurang menjadi perhatian. 

Padahal, jika dibiarkan stres berkepanjangan dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental sekaligus fisik.

 Baca Juga: 7 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol Loh

Jika Anda dapat mengelola stres dengan baik, akan membuat hati lebih tenang dan bahagia menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Merangkum dari Sutter Health, ada beberapa cara menghilangkan stres dan menjaga kesehatan mental yang bisa Anda lakukan. Di antaranya: 

1. Seimbangkan Pekerjaan dan Waktu Luang

Cara menghilangkan stres pertama adalah dengan menyeimbangkan pekerjaan dengan waktu luang. Luangkan waktu sejenak untuk menikmati kehidupan di luar pekerjaan baik sendiri maupun bersama orang lain.

2. Olahraga Teratur

Menggerakkan tubuh Anda secara teratur dapat menyeimbangkan sistem saraf dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu menghilangkan stres. Contohnya, Anda bisa berjalan kaki 20 menit setiap hari atau melakukan berbagai jenis olahraga yang Anda sukai.

3. Konsumsi Makanan Sehat 

Mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres loh. Selain itu Anda juga disarankan untuk mengurangi atau menghindari mengkonsumsi alkohol, kafein dan makanan olahan yang mengandung gula berlebih karena tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Simak Cara Memutihkan Gigi secara Alami Tanpa Veneer

4. Melakukan Hobi

Apakah Anda suka berkebun, membaca, mendengarkan musik, atau kegiatan kreatif lainnya? Melakukan kegiatan yang memberi Anda kesenangan dan kegembiraan alias hobi dapat menghilangkan stres loh. 

Dilansir Sutter Helath, penelitian menunjukkan bahwa melakukan hobi dapat mengurangi stres hampir setengahnya dan juga menurunkan detak jantung Anda.




TERBARU

[X]
×