kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketahui 6 Manfaat Permen Karet untuk Kesehatan dan Cara Memilihnya


Kamis, 27 April 2023 / 09:03 WIB
Ketahui 6 Manfaat Permen Karet untuk Kesehatan dan Cara Memilihnya
ILUSTRASI. Ketahui 6 Manfaat Permen Karet untuk Kesehatan dan Cara Memilihnya


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui manfaat permen karet untuk kesehatan gigi dan cara memilihnya. Permen karet merupakan sejenis permen yang dibuat dari bahan dasar yang elastis dan dapat digunakan untuk mengunyah selama beberapa waktu.

Biasanya permen karet mengandung gula, perasa, pemanis buatan, dan bahan pengembang seperti gom atau lateks.

Permen karet telah digunakan sejak zaman kuno. Orang Yunani mengambil getah dari pohon damar wangi dan mengunyahnya.

Namun saat ini, permen karet dibuat secara sintetis dan dikemas untuk dijual secara massal.

Baca Juga: Kenali 9 Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat permen karet untuk kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat Permen Karet untuk kesehatan Gigi hingga Tubuh dilansir dari Web MD.

Manfaat Permen Karet untuk Gigi

1. Meningkatkan produksi air liur

Permen karet bebas gula mengandung kurang dari 0,5 gram gula per sajian dan menggunakan pemanis alternatif. Mengunyah memicu mulut untuk membuat lebih banyak air liur.

Sehingga, permen karet dapat melindungi mulut Anda dari pembusukan dan erosi karena air liur berfungsi sebagai penyangga gigi Anda. Lebih banyak air liur dapat membawa bakteri dan asam yang menumpuk di gigi. 

Jika mengandung gula, permen karet dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Bakteri di mulut memetabolisme sucralose dan karbohidrat lainnya. Hal ini dapat mengikis lapisan enamel di bagian luar gigi Anda.

Tetapi mengunyah permen karet dengan gula sesekali tidak menimbulkan risiko kesehatan yang besar, terutama jika Anda memiliki kebersihan mulut yang baik.

2. Mengurangi gejala asam lambung

Pola konsumsi permen dengan baik dan benar dapat mendatangkan manfaat permen karet tidak berhenti di mulut saja. Lebih banyak air liur dapat membantu menyeimbangkan asam di kerongkongan Anda sehingga dapat meredakan gejala refluks asam.

Gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi saat asam lambung mengalir kembali ke saluran yang menghubungkan mulut dan perut.  efluks laringofaringeal adalah ketika asam lambung naik ke kerongkongan ke tenggorokan.‌

3. Membakar kalori

Nah, selain bukti positif dari permen karet tanpa gula, ada juga manfaat permen karet dari sisi gerakan. Perhitungan dari mengunyah permen karet membakar 11 kalori per jam.

Meskipun mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsumsi energi dan meningkatkan metabolisme tubuh, efeknya tidak signifikan untuk membantu membakar kalori dengan jumlah yang signifikan.

4. Meningkatkan daya ingat

Konsumsi permen karet bahkan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah ke otak, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan aktivitas otak, terutama pada area yang terkait dengan memori, tetapi efeknya tidak signifikan dan bersifat sementara.

5. Melawan kantuk

Selain itu, manfaat permen karet dapat dirasakan saat Anda merasa lelah, kunyah permen karet agar tetap waspada.

Hal ini dikarenakan adanya gerakan pada mulut untuk terus memutar permen karet ke setiap sisi rongga mulut. Meski begitu, imbangi juga istirahat agar tidak terjadi 

6. Menghilangkan rasa mual

Jika Anda merasa sakit, produksi air liur dari permen karet dapat membantu Anda merasa lebih baik. Ini terutama berlaku untuk mabuk perjalanan dan mual di pagi hari selama kehamilan. 

Cara Memilih Permen Karet

Melansir dari laman Web MD, American Dental Association (ADA) ungkap bagaimana memilih permen karet yang benar. Hal ini diverifikasi oleh panel ilmuwan yang meninjau bahan-bahannya.‌

Permen karet yang disetujui ADA bebas gula dan memiliki risiko lebih kecil pada gigi. Studi menunjukkan bahwa gusi ini aman digunakan ketika memiliki gigi berlubang dan tidak akan memperburuk gigi berlubang.‌‌

Tetapi pernyataan ADA tidak berarti bahwa permen karet dapat menggantikan kebiasaan menyikat gigi, flossing, dan pembersihan gigi.‌

Jika Anda sedang mencari sesuatu yang lain untuk dikunyah, permen karet xanthan bisa menjadi pilihan yang baik. Ini adalah polisakarida mikroba yang memiliki konsistensi kenyal yang serupa.

Pastikan cek kembali beberapa komposisi permen karet yang memiliki tambahan perasa manis untuk menghindari risiko kerusakan gigi.

Hindari Label permen karet mungkin menyebutkan pemanis seperti: Acesulfame-K, Aspartam, Neotama, Sakarin, Sukralosa, hingga Sorbitol‌ maupun Xylitol.

Demikian beberapa manfaat permen karet untuk kesehatan dan cara memilihnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×