kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,84   -1,92   -0.21%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 9 Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan Gigi dan Mulut


Selasa, 11 April 2023 / 10:50 WIB
Kenali 9 Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan Gigi dan Mulut
ILUSTRASI. Kenali 9 Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan Gigi dan Mulut


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui manfaat kumur air garam bagi kesehatan gigi dan mulut. Anda perlu mengetahui adanya dampak positif dari berkumur dengan cairan ini.

Air garam merupakan air yang diberi tambahan garam dapur (natrium klorida) sehingga memiliki kandungan garam yang lebih tinggi dari air biasa. Air garam biasanya digunakan untuk membilas mulut, terutama dalam perawatan gigi dan mulut.

Manfaat air garam untuk kesehatan gigi dan mulut dapat dirasakan dengan mengulanginya secara teratur dan tidak berlebihan.

Air garam dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan sela-sela gigi. Sisa makanan yang tertinggal dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan gusi.

Baca Juga: Tips Kebutuhan Nutrisi Selama Bulan Ramadhan

Manfaat Kumur air garam untuk kesehatan gigi dan mulut

Selain itu, air garam memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Peradangan pada gusi dapat menyebabkan sakit gigi dan bahkan kerusakan gigi.

Membantu menyembuhkan luka: Air garam dapat membantu menyembuhkan luka pada gusi atau dalam mulut. Garam dapat membantu membersihkan luka dan mengurangi risiko infeksi.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan air garam sebagai obat kumur atau pembilas mulut sebaiknya tidak berlebihan karena dapat mengiritasi jaringan di dalam mulut.

Disarankan untuk menggunakannya tidak lebih dari dua kali sehari dan selalu berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum menggunakannya secara rutin.

Baca Juga: Anti Lemas saat Puasa, Ini Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Simak beberapa manfaat air garam bagi kesehatan gigi dan mulut dilansir dari Health Wire.

Manfaat kumur air garam bagi kesehatan gigi dan mulut

1. Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah masalah kesehatan yang umum terjadi pada orang-orang dari segala usia.  Apalagi saat musim dingin, banyak orang yang menghadapinya.

Jadi, sebelum Anda membiarkan infeksi menyebar dan menggunakan antibiotik, berkumur air garam bisa membantu Anda.

Tindakan berkumur membantu mengeluarkan kuman penyebab infeksi sehingga mencegah sakit tenggorokan. 

2. Baik untuk Hidung Tersumbat

Sama seperti sakit tenggorokan, hidung tersumbat bisa menjadi masalah yang harus dihadapi. 

Namun berkat manfaat kumur air garam membantu mengurangi peradangan dan melegakan tenggorokan.

Selain itu, membilas bakteri dan virus yang menyebabkan masalah menjadikannya senjata yang baik untuk mengatasi hidung tersumbat. 

3. Menyembuhkan Sariawan

Kenali 9 Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Pernahkah Anda melihat bisul kecil di mulut Anda? Tentu kondisi tersebut merujuk pada penyakit sariawan.

Banyak faktor penyebab timbulnya sariawan; mulai dari menggigit pipi secara tidak sengaja hingga makanan asam, keseimbangan hormon, dan stres, semua ini dapat meninggalkan sariawan di mulut.

Kumur air asin bermanfaat karena dapat membantu penyembuhan sariawan. Sehingga, berkumur air garam dapat mengurangi ukuran luka dan nyeri. 

4. Mencegah Batuk dan Infeksi Pernafasan

Berikutnya dalam daftar manfaat kumur air asin adalah perannya dalam pencegahan batuk. Membersihkan rongga tenggorokan membantu menghilangkan iritasi tenggorokan yang dapat menyebabkan batuk dan infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Jadi, berkumur air garam setiap hari dapat membantu Anda memiliki kesehatan pernapasan yang baik.

5. Baik untuk Amandel

Kenali 9 Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Berapa banyak dari Anda yang menderita tonsilitis? Ini terjadi ketika amandel di bagian belakang tenggorokan Anda terinfeksi bakteri atau virus.

Infeksi ini menyebabkan gejala tonsilitis. Namun, melakukan kumur air garam membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan radang amandel. 

6. Mengatur kadar pH

PH yang sehat penting untuk kesehatan tenggorokan Anda salah satunya dengan kumur air garam. Ini karena membantu mengendalikan pertumbuhan bakteri di tenggorokan Anda.

Bakteri ini kemudian dapat mengakibatkan berbagai jenis infeksi tenggorokan. Jadi, pH yang sehat penting untuk kesehatan pernapasan Anda. Manfaat kumur air asin melindungi Anda di sini.

Manfaat kumur air garam secara teratur juga dapat membantu menjaga pH sehat di tenggorokan Anda yang menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di tenggorokan Anda.

7. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Saat bau mulut atau sakit gigi, kumur air garam sangat bermanfaat. Ini karena garam adalah desinfektan alami. Sama seperti bakteri di tenggorokan, ini juga membantu menghilangkan bakteri di mulut yang dapat merusak gigi Anda.

Selanjutnya, ini membantu meredakan sakit gigi dengan mengurangi peradangan di rongga mulut Anda.

Cara lain di mana berkumur air garam membantu kesehatan mulut adalah desir air di mulut membantu mengeluarkan racun dari mulut Anda.

8. Baik untuk Kesehatan Gusi

Kenali 9 Manfaat Kumur Air Garam bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Bahkan jika itu adalah gusi berdarah atau penyakit gusi seperti gingiva, kerusakan pada gusi Anda tidak dapat dihindari. Namun, semua berkat banyak manfaat kesehatan dari kumur air garam.

Berkumur tidak hanya membantu mencegah penyakit gusi, tetapi juga cenderung mempercepat penyembuhan gusi. Ada cukup bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa manfaat kumur air garam dapat mempercepat penyembuhan pada serat gingiva manusia.

Jadi, jika Anda ingin memulihkan kesehatan gusi Anda, maka manfaat kumur air garam ada di sini.

9. Manfaat Kumur Air Garam Lainnya

Manfaat kumur air garam juga dapat membantu Anda menemukan kandidiasis. Berkumur air garam dapat membantu melindungi email gigi Anda.

Selain itu, aktvitas kumur dengan air garam secara rutin juga bagus untuk radang gusi.

Demikian beberapa informasi terkait manfaat kumur air garam bagi kesehatan gigi dan mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×