Ketahui 6 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki bagi Kesehatan

Kamis, 10 Maret 2022 | 12:29 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ketahui 6 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki bagi Kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat berjalan kaki tanpa alas kaki.


KONTAN.CO.ID - Tahukah Anda, berjalan tanpa alas kaki mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan? Salah satu manfaat adalah bisa membantu meredakan kecemasan.

Meski demikian, berjalan tanpa alas kaki juga mempunyai risiko, salah satunya kaki bisa terluka jika menginjak benda tajam. Oleh karena itu, Anda harus memilih tempat yang aman jika ingin mencobanya. 

Berjalan tanpa alas kaki juga kerap dijadikan terapi bagi orang lansia karena dipercaya dapat membantu meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. 

Melansir Stylecraze, Ada beberapa manfaat berjalan tanpa alas kaki bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu melawan peradangan

Manfaat berjalan tanpa alas kaki yang pertama adalah mampu membantu melawan peradangan karena ada grounding.

Grounding adalah nama lain untuk kontak kulit langsung ke permukaan Bumi telah ditemukan menghasilkan perbedaan terukur pada sitokin, senyawa yang terlibat dalam proses inflamasi sehingga dapat membantu melawan peradangan.

Baca Juga: 5 Cara Mengontrol Diabetes Tipe 2 yang Mudah Dilakukan, Simak!

2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Berbagai penelitianmenunjukkan, efek fisiologis berjalan tanpa alas kaki (grounding) dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Termasuk, penurunan tingkat kekentalan darah yang dapat menurunkan hipertensi.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyoroti efek menguntungkan dari berjalan tanpa alas kaki pada kesehatan kardiovaskular.

3. Dapat meredakan kecemasan

Manfaat berjalan tanpa alas kaki selanjutnya, dapat meredakan kecemasan. Jika Anda menghadapi kecemasan dan depresi, berjalan tanpa alas kaki akan membuat perasaan menjadi lebih tenang. 

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Susu Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru