kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketahui 5 Efek Samping Konsumsi Makanan Kadaluwarsa dan Cara Mengatasinya


Selasa, 11 April 2023 / 15:13 WIB
Ketahui 5 Efek Samping Konsumsi Makanan Kadaluwarsa dan Cara Mengatasinya
ILUSTRASI. Ketahui 5 Efek Samping Konsumsi Makanan Kadaluwarsa dan Cara Mengatasinya. KONTAN/Muradi


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui efek samping konsumsi makanan kadaluwarsa. Kejadian seperti ketidaksengajaan makanan kadaluwarsa bisa saja dialami oleh seseorang.

Makanan kadaluwarsa adalah makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa atau tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan.

Makanan tersebut tidak lagi aman untuk dikonsumsi karena bisa mengandung bakteri, virus, atau jamur yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Makanan memiliki masa kadaluwarsa atau tanggal kedaluwarsa untuk menunjukkan batas waktu di mana makanan tersebut masih aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Penting! Pahami Jenis-Jenis Expired Date Pada Produk Skincare

Efek samping konsumsi makanan kadaluwarsa dan cara mengatasinya.

Ada beberapa alasan mengapa makanan memiliki masa kadaluwarsa, di antaranya:

  1. Keamanan makanan: Makanan yang kadaluwarsa memiliki risiko lebih tinggi terkontaminasi oleh bakteri, virus, dan jamur yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, tanggal kadaluwarsa membantu mengurangi risiko terjadinya keracunan makanan dengan memberi tahu kapan makanan menjadi tidak aman untuk dikonsumsi.
  2. Kualitas makanan: Makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa cenderung mengalami perubahan kualitas yang dapat mempengaruhi rasa, aroma, dan tekstur makanan. Dengan menentukan tanggal kedaluwarsa, produsen makanan dapat menjamin bahwa makanan masih dalam kondisi yang baik dan enak untuk dikonsumsi sebelum tanggal tersebut.
  3. Pengendalian persediaan: Tanggal kadaluwarsa juga membantu produsen makanan dan pengecer dalam mengendalikan persediaan makanan. Dengan menetapkan tanggal kedaluwarsa, dapat memantau stok makanan dan menghindari makanan yang terlalu lama tersimpan di rak.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mencegah Perut Kembung agar Tak Lagi Kembali

Lalu, apa itu tanggal kadaluwarsa atau expired date?

Expired date pada makanan adalah tanggal kedaluwarsa atau tanggal kadaluarsa terakhir di mana makanan masih dianggap aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

Tanggal kedaluwarsa ini menunjukkan batas waktu terakhir di mana makanan masih dalam kondisi yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

Setelah tanggal kedaluwarsa tersebut, makanan dapat menjadi tidak aman untuk dikonsumsi karena dapat terkontaminasi oleh bakteri, virus, atau jamur yang dapat menyebabkan keracunan makanan atau masalah kesehatan lainnya.

Pastikan sebelum makanan kemasan cek kembali dari sisi tanggal kadaluwarsa atau expired date.

Berikut ini beberapa efek samping konsumsi makanan kadaluwarsa dilansir dari Eat This.

Baca Juga: 7 Makanan Mengandung Zinc atau Seng beserta Manfaat untuk Lawan Jerawat

Efek samping konsumi makanan kadaluwarsa

Simak beberapa efek samping yang terjadi setelah mengonsumsi makanan kadaluwarsa adalah:

1. Gangguan pencernaan

Bakteri dan jamur yang tumbuh pada makanan kadaluwarsa dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare, dan sakit perut.

Tentu, efek ini memerlukan penanganan seperti pengobatan untuk menghilangkan adanya bakteri dan jamur pada pencernaan.

2. Keracunan makanan

Makanan kadaluwarsa dapat menyebabkan keracunan makanan yang serius dan dapat membahayakan kesehatan. Gejala keracunan makanan bisa berupa demam, kram perut, dan dehidrasi.

Namun, hal ini lebih sering terjadi pada makanan yang mudah rusak seperti telur, daging, buah-buahan, dan sayuran, karena jamur, rasa asam, warna atau tekstur yang aneh, dan bau yang tidak enak lebih mudah terdeteksi.

Penting untuk memantau kapan barang-barang ini dibeli sehingga Anda tahu jika Anda membahayakan diri sendiri dengan memakan sesuatu setelah terlalu lama.

3. Terjadinya Infeksi

Bakteri dan jamur yang tumbuh pada makanan kadaluwarsa dapat menyebabkan infeksi pada tubuh manusia. Beberapa infeksi dapat berbahaya bagi kesehatan, seperti infeksi pada saluran kemih dan infeksi pada saluran pernapasan.

Keracunan makanan bisa ringan atau berat, tetapi terkadang keracunan makanan dapat membuat terkena bakteri atau racun berbahaya, termasuk Listeria, enteritis Campylobacter, Kolera, E. coli, Staphylococcus aureu , Salmonella, dan Shigella, dan banyak lagi.

4. Alergi

Makanan kadaluwarsa juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang yang peka terhadap bahan-bahan tertentu pada makanan tersebut.

Nah, pastikan Anda bisa berkonsultasi ke dokter terkait penanganan alergi yang sesuai dengan riwayat gejala.

5. Bisa tidak terjadi apa-apa

Apabila Anda terlanjur konsumsi makanan kemasan, tentu tenangkan diri dengan meminum banyak air putih. Hal ini menghindari adanya dehidrasi pada tubuh.

Beberapa makanan kemasan biasanya memiliki beberapa jeda waktu setelah expired date sehingga tidak langsung membusuk.

Saat terlanjur konsumsi makanan kadaluwarsa

Jika Anda terlanjur mengonsumsi makanan yang kadaluwarsa dan mengalami gejala-gejala keracunan makanan seperti mual, muntah, diare, sakit kepala, demam, dan kram perut, segera hubungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Dokter dapat memberikan perawatan yang tepat dan membantu mencegah komplikasi serius.

Selain itu, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi keracunan makanan setelah terlanjur mengonsumsi makanan kadaluwarsa, yaitu:

  1. Minum banyak air untuk menghindari dehidrasi dan membantu melancarkan pencernaan.
  2. Hindari makanan atau minuman lain selama beberapa jam setelah konsumsi makanan kadaluwarsa untuk memberi waktu pencernaan untuk memulihkan diri.
  3. Konsumsi makanan yang mudah dicerna seperti nasi putih, roti, atau kentang rebus, untuk membantu melancarkan pencernaan dan menghindari lebih banyak masalah pencernaan.
  4. Hindari minum alkohol dan kafein, karena dapat memperparah gejala keracunan makanan.
  5. Istirahat yang cukup untuk membantu tubuh memulihkan diri dari keracunan makanan.
  6. Jika gejala keracunan makanan semakin parah atau bertahan dalam waktu yang lama, segera hubungi dokter atau tenaga medis terdekat untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih lanjut. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa makanan dan tidak mengonsumsi makanan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa tersebut.

Jangan tergoda untuk membeli makanan murah dengan masa kadaluwarsa, selain itu cek juga tampilan apakah masih terlihat segar atau rasanya belum berubah.

Kesehatan Anda lebih penting daripada risiko yang mungkin ditimbulkan oleh makanan kadaluwarsa.

Demikian beberapa informasi terkait efek samping konsumsi makanan kadaluwarsa dan cara mengatasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×