kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Makanan Mengandung Zinc atau Seng beserta Manfaat untuk Lawan Jerawat


Rabu, 05 April 2023 / 13:23 WIB
7 Makanan Mengandung Zinc atau Seng beserta Manfaat untuk Lawan Jerawat
ILUSTRASI. 7 Makanan Mengandung Zinc atau Seng beserta Manfaat untuk Kesehatan Kulit


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar makanan mengandung Zinc atau Seng. Kebutuhan tubuh akan mineral zinc atau seng sangat berhubungan dengan masalah metabolisme.

Makanan yang mengandung zinc atau seng adalah makanan yang mengandung mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan.

Hal tersebut termasuk dalam fungsi normal sistem kekebalan tubuh, produksi sel darah merah, pertumbuhan dan perkembangan sel, metabolisme karbohidrat, dan protein.

Kekurangan zinc dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penurunan daya tahan tubuh, keterlambatan pertumbuhan, rambut rontok, masalah kulit, dan masalah reproduksi.

Baca Juga: 5 Tips Agar Berat Badan Tidak Turun saat Puasa dengan Olahraga hingga Tambah Kalori

Daftar makanan mengandung Zinc atau Seng

Dalam menjaga kesehatan dan kecukupan zinc dalam tubuh, dianjurkan untuk mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung zinc serta menjaga pola makan seimbang dan sehat.

Manfaat makanan mengandung Zinc untuk kulit

1. Meningkatkan penampilan kulit

Penelian dari Harvard menemukan bahwa makanan mengandung Zinc atau seng adalah antioksidan efektif yang membantu melindungi dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar UV, polusi, dan faktor lingkungan lainnya.

Antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit karena membantu memperlambat penuaan dan melawan kerusakan akibat radikal bebas molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan sel menua lebih cepat dari biasanya atau mati sebelum waktunya.

2. Melembabkan kulit

Zinc memainkan peran penting dalam pensinyalan sel dan mengatur produksi minyak. Kekurangan seng dapat mencegah sel bekerja dengan baik, berdampak negatif pada seberapa banyak minyak yang dihasilkan kulit dan seberapa baik ia mempertahankan tingkat hidrasi.

Akibatnya, Anda mungkin mengalami kekeringan atau pengelupasan pada wajah atau area tubuh lain yang tidak cukup lembap. Bahkan Zinc atau Seng sering digunakan sebagai pengobatan dermatitis atopik.

3. Membantu mengobati jerawat

Masalah jerawat juga dapat diselesai dengan mengonsumsi makanan megandung Zinc atau seng. Kandungan tersebut menjadi bahan yang Anda butuhkan untuk membersihkan kulit.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, suplemen seng dapat membantu mengurangi produksi sebum zat berminyak yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Sebum juga dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti bekas jerawat dan kista, jadi penting untuk menjaga kadarnya tetap terkendali jika Anda menginginkan kulit yang sehat.

Baca Juga: Simak 9 Tips Agar Puasa Anda Tidak Mudah Haus dan Tahan Lapar Seharian

Ada juga beberapa suplemen Zinc yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan Zinc atau Seng.

Agar bisa mendapatkan kebutuhan Zinc dengan baik, ada beberapa makanan yang murah dan mudah dijangkau.

Simak beberapa daftar makanan mengandung Zinc atau seng berikut ini dilansir dari The Wellness corner.

Makanan mengandung Zinc atau Seng

1. Jamur

Makanan mengandung Zinc atau Seng

Salah satu makanan yang mengandung Zinc adalah Jamur. Beberapa jenis Jamur juga tinggi seng, yang bermanfaat bagi kulit dan rambut Anda.

Ini membantu menjaga rambut Anda tetap berkilau dan kuat, jadi jika Anda sedang mencari cara untuk memperbaiki surai Anda, tambahkan jamur ke dalam diet Anda.

2. Kerang Tiram

Selain itu, hewan laut seperti kerang tiram menjadi salah satu sumber makanan mengandung Zinc. Tiram dikemas dengan kaya akan seng, yang membantu melawan jerawat dan kondisi kulit lainnya seperti eksim dan psoriasis.

Kerang Tiram juga merupakan sumber vitamin B12 yang bagus, yang penting untuk kesehatan rambut, kuku, dan kulit.

3. Bayam

Makanan mengandung Zinc atau Seng

Bayam juga akan vitamin A dan C dan seng, yang menjadikannya pilihan makanan yang bagus untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Ini juga tinggi zat besi, yang membantu tubuh Anda menyerap seng lebih mudah dan baik untuk kesehatan kulit.

4. Kacang polong

Kacang adalah sumber seng, protein, dan serat yang sangat baik. Kacang juga rendah lemak dan kalori, jadi ini adalah cara sempurna untuk mengonsumsi dengan bentuk masakan apapun.

Ada juga ide makanan dengan Kacang Polong dalam bentuk salad atau nikmati sendiri sebagai lauk atau camilan.

5. Biji labu

Makanan mengandung Zinc atau Seng

Biji labu dikemas dengan seng, yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Labu juga tinggi protein dan magnesium, yang akan membantu tetap berenergi sepanjang hari.

Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk rebusan agar bisa meminum air biji labu.

6. Buncis

Kemudian, ada makanan mengandung Zinc selanjutnya yakni Buncis. Salah satu jenis sayuran ini menjadi sumber seng yang bagus, yang membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Buncis juga tinggi protein dan serat, sehingga orang yang konsumsi ini dapat merasakan kenyang sepanjang hari.

7. Kacang almond

Makanan mengandung Zinc atau Seng

Almond adalah sumber seng, vitamin E, dan selenium yang baik, penting untuk sistem kekebalan & kulit Anda. Meski harganya terbilang tinggi, Almond punya beberapa bentuk olahan yang bisa dimanfaakan untuk memenuhi kebutuhan Zinc.

Demikian beberapa daftar makanan mengandung Zinc atau Seng serta manfaatnya untuk kesehatan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×