kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenapa Asam Lambung Sering Kambuh? Simak Makanan Penurun Asam Lambung


Jumat, 14 Juli 2023 / 07:08 WIB
Kenapa Asam Lambung Sering Kambuh? Simak Makanan Penurun Asam Lambung
ILUSTRASI. Kenapa Asam Lambung Sering Kambuh? Simak Makanan Penurun Asam Lambung


Sumber: Grid,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Makanan Penurun Asam Lambung. Kenapa asam lambung sering kambuh? Simak makanan penurun asam lambung jika gangguan kesehatan ini kambuh.

Asam lambung sering kambuh karena sejumlah penyebab. Asam lambung yang kambuh naik menimbulkan rasa tidak nyaman di perut.

Tak hanya itu, asam lambung kambuh juga bisa menyebabkan rasa terbakar pada dada. Penderita asam lambung juga bisa mengalami sakit kepala.

Lalu, kenapa asam lambung sering kambuh?

Mengutip laman Health Grid, asam lambung adalah gangguan kesehatan yang sudah umum terjadi. Meski kejadiannya cukup sering terjadi, tapi penyebab dari kondisi ini masih sering terabaikan.

Penyakit asam lambung atau sering dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease) menyebabkan isi perut naik ke kerongkongan.

Baca Juga: 5 Pantangan Bagi Penderita GERD, Cek Juga 5 Makanan Terbaik Penurun Asam Lambung

Kondisi ini bila dibiarkan dapat menyebabkan luka pada dinding lambung dan membuat gejalanya seperti nyeri pada perut hingga sesak napas menjadi lebih buruk.

Dengan mengetahui penyebab asam lambung, maka bisa meminimalisir asam lambung yang sering kambuh

Penyebab asam lambung kambuh

Salah satu faktor yang memicu naiknya isi perut ke kerongkongan adalah kebiasaan makan yang kurang baik. Hal tersebut diungkapkan oleh praktisi dan dokter spesialis penyakit dalam RSUP Sardjito Dr. dr. Neneng Ratnasari, SpPD., dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada.

"Setelah makan terus tidur terlentang justru melemahkan otot esofagus, makan terlalu terburu-buru, atau sering mengonsumsi makanan fast food. Pola makan juga diperbaiki. Jenis makannya juga," ujarnya.

Namun selain berkaitan dengan makanan, terdapat juga penyebab lain asam lambung kambuh yang kerap terbaikan, yakni tingkat stres dan kecemasan.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa beberapa pengidap penyakit ini mempunyai anatomi lambung yang baik, akan tetapi tingkat kecemasan yang dialaminya tinggi.

Hubungan stres dan asam lambung

Memang sangat mungkin tingkat stres dan kecemasan yang sedang dialami seseorang memicu kambuhnya asam lambung.

Seperti dijelaskan dalam laman Harvard Medical School, stres emosional dapat meningkatkan produksi asam di perut, sehingga memperparah GERD yang terjadi.

Pada pengidap penyakit ini, otot sfingter esofagus bagian bawah yang bertindak sebagai pintu antara lambung dan kerongkongan, fungsinya kurang baik.

Alhasil, saat berhadapan dengan pemicunya akan memungkinkan asam naik dari perut dan kemudian masuk ke kerongkongan. Mengelola stres dengan baik adalah cara terampuh untuk mengatasi penyebab asam lambung yang satu ini.

Selain itu, untuk mencegah asam lambung kambuh perlu juga didukung oleh perubahan gaya hidup yang baik, dengan melakukan:

1. Tidak atau berhenti merokok

2. Mengonsumsi makanan yang sehat

3. Membatasi minum kopi, teh, ataupun yang bersoda

4. Makan dalam porsi yang lebih kecil

5. Menghindari makan dekat dengan waktu tidur

Dengan mengatasi penyebabnya, maka risiko asam lambung kambuh sangat kecil terjadi dan terhindar pula dari komplikasi yang lebih serius

Makanan penurun asam lambung

Jika asam lambung kambuh, Anda perlu minum obat untuk mengatasinya. Namun, dalam kondisi mendesak, sejumlah makanan penurun asam lambung bisa dikonsumsi untuk alternatif pengobatan.

Diberitakan Kontan.co.id, ada sejumlah makanan untuk membantu mengatasi gejala asam lambung. Berikut daftar makanan penurun asam lambung:

Melon

Makanan penurun asam lambung yang pertama adalah melon.

Supaya asam lambung mereda, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mampu menetralkan keasaman dalam lambung. Salah satu jenis buah yang memiliki manfaat itu adalah lemon. Melansir AARP (aarp.org), melon mengandung banyak magnesium yang baik untuk kesehatan lambung.

Yogurt

Selanjutnya, yogurt juga termasuk dalam makanan penurun asam lambung. Kandungan nutrisi dalam yogurt mampu menenangkan lambung sehingga efek asam lambung naik dapat mereda.

Tidak berhenti sampai di situ, yogurt juga dipenuhi dengan probiotik yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sistem imun tubuh pun dapat meningkat karena nutrisi itu. Supaya efeknya bisa semakin Anda rasakan, tak ada salahnya mencampur yogurt dengan bahan alami lain, misalnya jahe.

Pisang

Makanan penurun asam lambung yang ketiga adalah pisang. AARP merekomendasikan pisang untuk mengobati asam lambung karena kandungan nutrisi yang ada dalam jenis buah itu. Pisang memiliki kandungan asam yang rendah dan bisa melindungi dinding organ pencernaan. Buah pisang juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

Oatmeal

Makanan penurun asam lambung berikutnya adalah oatmeal. Sama dengan pisang, oatmeal memiliki banyak serat. Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan susu almond rendah lemak. Selain itu, mengombinasikan oatmeal dengan bahan makanan lain yang telah disebutkan juga bisa jadi pilihan.

Beberapa makanan di atas perlu Anda konsumsi secara rutin supaya asam lambung naik tak terus Anda alami. Namun, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi ke dokter, ya. Terlebih bagi Anda yang mengalami gejala asam lambung parah.

Itulah penyebab asam lambung sering kambuh dan makanan penurun asam lambung. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×