kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali penyebab dan ciri-ciri kelenjar getah bening ini


Sabtu, 06 November 2021 / 12:15 WIB
Kenali penyebab dan ciri-ciri kelenjar getah bening ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Kelenjar getah bening yang membengkak bisa menyebabkan masalah kesehatan. Maka dari itu, ciri-ciri kelenjar getah bening perlu Anda sadari supaya Anda bisa segera mendapat perawatan yang tepat.

Kelenjar getah bening memegang peranan penting dalam kesehatan tubuh, yaitu melawan berbagai jenis penyakit. Pembengkakan bisa terjadi pada kelenjar getah bening di bagian tubuh mana pun. Misalnya, ketiak, leher, dan selangkangan.

Apabila terus Anda biarkan, pembengkakan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lain. Untuk itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Apalagi, jika gejala kelenjar getah bening terjadi dalam jangka waktu lama.

Penyebab kelenjar getah bening

Kelenjar getah bening yang membengkak biasanya terjadi karena infeksi. Selain virus dan bakteri, Mayo Clinic menyebutkan, infeksi juga bisa dikarenakan infeksi kulit, infeksi gigi dan gusi, dan lain sebagainya.

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada faktor-faktor lain yang membuat kelenjar getah bening bengkak. Mulai dari infeksi seksual menular, TBC, infeksi bakteri dari gigitan atau cakaran kucing, infeksi parasit, leukimia, hingga gangguan pada sistem imun tubuh.

Baca Juga: Tenggorokan sakit saat menelan? Berikut 5 penyebabnya

Gejala kelenjar getah bening

Benjolan di leher termasuk salah satu ciri-ciri kelenjar getah bening.

Ciri-ciri kelenjar getah bening yang pasti terlihat adalah pembengkakan atau muncul benjolan di sekitar leher, ketiak, atau selangkangan. Setiap orang memiliki ukuran benjolan yang berbeda-beda. Benjolan biasanya juga disertai dengan rasa nyeri.

Selain itu, masih banyak ciri-ciri kelenjar getah bening lainnya. Mengutip Mayo Clinic, Anda bisa mengalami pilek, sakit tenggorokan, demam, atau gangguan saluran pernapasan yang lain, produksi keringat dingin meningkat, ukuran benjolan yang membesar seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Waspada! Ini yang jadi penyebab kanker usus besar, hindari sejak sekarang

Kalau tak segera Anda obati, ada banyak masalah kesehatan lagi yang bisa terjadi. Contohnya, muncul abses di tubuh Anda. Jika hal itu terjadi, salah satu bentuk pengobatan yang Anda butuhkan adalah antibiotik.

Sebenarnya, kelenjar getah bening yang membengkak bisa mengempis dengan sendirinya saat sumber infeksi hilang dari tubuh Anda.

Namun, bukan berarti Anda dapat membiarkannya, ya. Segera periksakan diri ke dokter, terlebih jika benjolan muncul secara tiba-tiba dan tak hilang selama dua hingga empat minggu.

Selanjutnya: Kenali Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×