Kenali Gejala Diabetes dari Kondisi Mulut dan Lidah, Jangan Sampai Terlambat

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:45 WIB Sumber: Kompas.com
Kenali Gejala Diabetes dari Kondisi Mulut dan Lidah, Jangan Sampai Terlambat

ILUSTRASI. Diabetes dapat diartikan sebagai disfungsi dalam pengelolaan kadar gula darah dalam tubuh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apa itu diabetes? Apakah penyakit ini berbahaya? Bagaimana gejalanya? Pertanyaan-pertanyaan inilah yang kerap muncul terkait penyakit diabetes. Berikut penjelasannya. 

Diabetes dapat diartikan sebagai disfungsi dalam pengelolaan kadar gula darah dalam tubuh. Penyakit ini muncul saat tubuh menjadi peka terhadap insulin, atau jika produksi insulin justru berhenti mendadak. Hasilnya, kadar gula darah pun menjadi tinggi. 

Jika tidak ditangani, gula darah tinggi ini dapat merusak organ dan mengakibatkan komplikasi, seperti amputasi, kebutaan, stroke dan serangan jantung yang bisa mengakibatkan kematian. 

Untuk itu, kita perlu melihat gejala diabetes sebelum terlambat. Nah, salah satu gejala kadar gula darah tinggi sebenarnya bisa kita lihat di pagi hari. 

Baca Juga: Kabar Gembira! Alpukat Efektif Mengelola Gula Darah dan Mengatasi Obesitas

Namun sebelum membahas gejalanya, perlu diketahui bahwa diabetes dapat dibagi ke dalam dua tipe berbeda, meski lebih dari 90 persen kasus yang terjadi merupakan diabetes tipe 2. 

Nah, meski kedua jenis diabetes memiliki ciri yang sama, mereka yang menderita diabetes tipe 1 cenderung mengalami gejala yang lebih cepat. Sementara itu, diabetes tipe 2 biasanya menyerang orang dewasa, terutama yang kelebihan berat badan atau jarang berolahraga. 

Lalu terkait gejala, London Diabetes Centre mengatakan bahwa gejala yang paling jelas adalah mulut kering.

Baca Juga: Bikin Sakit Kepala, Ini Efek Samping Bawang Putih untuk Kesehatan

Kendati demikian, biasanya seseorang akan mulai curiga jika merasa terlalu sering bangun malam untuk buang air kecil dan merasa haus, yang memang akan terjadi ketika glukosa darah sangat tinggi. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru