kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali Ciri-Ciri Diabetes Pada Remaja, Ini Buah Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes


Jumat, 13 Oktober 2023 / 14:23 WIB
Kenali Ciri-Ciri Diabetes Pada Remaja, Ini Buah Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes
ILUSTRASI. Kenali Ciri-Ciri Diabetes Pada Remaja, Ini Buah Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Buah yang Cocok untuk Penderita Diabetes- JAKARTA. Waspadai ciri-ciri diabetes pada remaja. Jika menderita diabetes, Anda wajib pilih-pilih makanan, bahkan buah. Lalu buah yang cocok untuk penderita diabetes apa saja?

Diabetes melitus adalah penyakit sering terjadi pada orang dewasa. Namun, belakangan ini banyak remaja dan anak muda yang juga terkena diabetes.

Dilansir dari website resmi RS Mitra Keluarga, diabetes terbagi ke dalam dua jenis, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes melitus tipe 1 terjadi karena penyakit autoimun yang menyebabkan pankreas tidak dapat memproduksi insulin.

Sementara itu, diabetes melitus tipe 2 muncul sebagai efek dari pola makan tidak sehat karena tidak bisa mengontrol asupan gula yang masuk dalam tubuh.

Nah, diabetes yang banyak menyerang anak muda dan remaja adalah diabetes tipe dua. Hal ini adalah akibat pola makan yang mengandung tinggi gula dan malas berolahraga.

Baca Juga: Cek 6 Obat Gula Darah Tinggi Alami yang Ampuh dan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Di usia muda, kebanyakan orang cenderung mempunyai pola makan yang tidak sehat. Sebagai contoh, banyak anak muda yang lebih menyukai fast food dan makanan-makanan manis seperti donat, kue, hingga minuman boba dibandingkan mengkonsumsi makanan sehat. Jika kebiasaan tersebut tidak diubah, Sahabat MIKA bisa menderita diabetes melitus di usia muda.

Ketika mengkonsumsi gula secara berlebihan, terjadi peningkatan resistensi insulin. Peningkatan resistensi insulin membuat tubuh tidak dapat memproses kelebihan gula dengan baik. Lonjakan kadar gula darah kemudian tak bisa terhindarkan dan memicu penyakit diabetes melitus tipe 2. Selain pola makan, faktor seperti usia, berat badan, genetik, dan gaya hidup juga turut berperan dalam berkembangnya penyakit ini.

Lalu apa saja ciri-ciri diabetes pada remaja?

Menurut website RS Mitra Keluarga, diabetes tipe 1 atau tipe 2 sebenarnya punya ciri-ciri yang hampir serupa. Perbedaannya, penderita diabetes tipe 1 kemungkinan akan mengalami penurunan berat badan meski sedang tidak sedang diet. Selain itu, gejala diabetes di usia muda berkembang secara bertahap dalam hitungan bulan hingga tahunan, dan tak jarang baru bisa terdeteksi lewat medical check-up.

Berikut ciri-ciri diabetes pada remaja

  • Mudah lapar.
  • Mudah haus.
  • Disfungsi ereksi bagi pria.
  • Pandangan kabur.
  • Lemahnya kekuatan otot.
  • Menurunnya gairah seksual.
  • Mudah lelah.
  • Perubahan suasana hati (Mood swing) secara tiba-tiba.
  • Meningkatnya jumlah urin saat buang air kecil.
  • Luka membutuhkan waktu lama untuk sembuh dan kering.

Buah yang cocok untuk penderita diabetes

Seperti disampaikan di atas, penderita diabetes wajib memilih makanan termasuk buah untuk diabetes. Di sisi lain, makan buah untuk diabetes penting untuk menurunkan dan mengontrol gula darah.

Anda bisa makan buah yang kaya serat sehingga gula darah tak mengalami lonjakan. Selain itu, pastikan untuk makan buah tanpa diberi pemanis tambahan supaya kondisi kesehatan tetap terjaga.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, berikut daftar buah yang cocok untuk penderita diabetes:

Bluberi

Bagi penderita diabetes, blueberi atau jenis buah beri lainnya cocok dikonsumsi secara rutin. Jenis buah ini mengandung banyak antioksidan serta serat. Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), segelas bluberi mengandung 84 kalori dan 21 g karbohidrat.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi bluberi. Anda dapat memakannya secara langsung atau mengolahnya menjadi hidangan lezat. Misalnya, And abisa menambah yogurt tambah lemak dan mengonsumsinya sebagai sarapan atau camilan di antara jadwal makan berat.

Ceri

Selain buah-buahn beri, Anda juga dapat mengonsumsi ceri. Dalam segelas ceri, Anda bisa mendapat 52 kalori dan 12.5 g karbo. Tak hanya itu, ceri juga mengandung antiinflamasi yang tinggi sehingga mampu meredakan peradangan dalam tubuh Anda.

Selain mengatasi jumlah gula darah dalam tubuh penderita diabetes, antioksidan dalam ceri juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. Ceri bisa dibeli secara langsung. Namun, jika Anda membelinya dalam kemasan kaleng, pastikan tidak ada tambahan gula dalam produk tersebut.

Persik

Buah untuk diabetes selanjutnya yang layak Anda coba adalah buah persik. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam sebuah persik berukuran sedang. Mulai dari 59 kalori, 14 g karbohidrat, 10 mg vitamin C, 285 mg potasium.

Banyaknya potasium dalam buah persik membuat metabolisme meningkat. Anda bisa mengonsumsi buah persik secara langsung atau mengolahnya menjadi smoothie. Caranya dengan mencampur buah persik dengan buttermilk rendah lemak, es batu, dan sedikit kayu manis serta jahe.

Apel

Selain jenis buah di atas, apel juga bisa Anda konsumsi secara rutin. Buah ini mengandung 95 kalori, 25 g karbo, 8.73 mg vitamin C, dan lain sebagainya. Everyday Health menyarankan supaya Anda mengonsumsi apel bersama dengan kulitnya karena mengandung lebih banyak antioksidan dan serat.

Jeruk

Jika Anda ingin mengonsumsi buah dengan rasa segar, jeruk adalah jawabannya. Jenis buah ini mengandung 237 g potasium di mana mampu menormalkan jumlah gula darah dalam tubuh Anda. Selain jeruk, Anda juga bisa makan buah asam lain, seperti anggur dan lain-lain.

Itulah ciri-ciri diabetes pada remaja dan daftar buah yang cocok untuk penderita diabetes. Mari jaga pola makan dan rutin berolahraga untuk mencegah diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×