kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Buah Semangka Kuning Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Rabu, 04 Oktober 2023 / 09:10 WIB
Kenali 8 Manfaat Buah Semangka Kuning Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah semangka kuning untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat buah semangka kuning untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Padahal, manfaat buah semangka kuning juga telah teruji khasiatnya.

Semangka kuning, juga dikenal sebagai semangka golden atau semangka kunir, adalah varietas semangka yang memiliki daging berwarna kuning cerah. 

Selain memiliki rasa yang segar dan manis, semangka kuning juga mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Merangkum dari The Times of India berikut beberapa manfaat buah semangka kuning:

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Khasiat yang Jarang Diketahui

1. Kaya akan Antioksidan 

Semangka kuning mengandung antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Obat Sinusitis Alami yang Ampuh dan Bermanfaat Bagi Kesehatan

2. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam semangka kuning membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini merangsang produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap elastis dan mencegah penuaan dini. Konsumsi semangka kuning dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi masalah kulit, seperti jerawat dan kulit kusam.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Beta-karoten dalam semangka kuning juga berperan dalam menjaga kesehatan mata. Nutrien ini dapat membantu mencegah penyakit mata, seperti degenerasi makula dan katarak, serta menjaga penglihatan tetap tajam.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

4. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terdapat dalam semangka kuning memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh dalam melawan infeksi dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Semangka kuning mengandung senyawa yang disebut L-citrulline, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Terbukti Secara Klinis

6. Menjaga Hidrasi Tubuh

Buah semangka terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan air tinggi. Semangka kuning juga tidak kalah, sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, terutama saat cuaca panas atau setelah beraktivitas fisik.

7. Mendukung Pencernaan

Serat yang terdapat dalam semangka kuning dapat membantu meningkatkan pencernaan. Ini membantu mengurangi risiko sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

8. Menyegarkan dan Menenangkan

Semangka kuning memiliki rasa yang sangat menyegarkan, terutama saat disajikan dingin. Ini dapat membantu meredakan panas dalam dan memberikan sensasi kesejukan di hari yang panas.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari semangka kuning, pastikan untuk memasukkan buah ini dalam pola makan seimbang Anda. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk potongan segar, jus, atau bahkan menciptakan hidangan kreatif seperti salad semangka kuning. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsi dengan porsi yang wajar adalah kunci untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×