kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45847,74   8,12   0.97%
  • EMAS1.355.000 0,44%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Penyebab Gagal Ginjal yang Penting Untuk Diwaspadai


Kamis, 30 Mei 2024 / 16:02 WIB
Kenali 7 Penyebab Gagal Ginjal yang Penting Untuk Diwaspadai
ILUSTRASI. Penyebab Gagal Ginjal


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Penyebab gagal ginjal bisa terjadi oleh banyak hal yang kerap tidak disadari. Padahal, penyakit gagal ginjal termasuk salah satu gangguan kesehatan yang cukup membahayakan dan perlu diwaspadai.

Gagal ginjal, atau disebut juga dengan istilah penyakit ginjal kronis, adalah kondisi serius di mana ginjal tidak dapat lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Ini adalah masalah kesehatan yang memerlukan perhatian serius, karena ginjal berperan penting dalam menyaring limbah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. 

Ada beberapa penyebab gagal ginjal yang perlu diwaspadai, yang dapat memengaruhi siapa saja, termasuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa. 

Baca Juga: Catat 7 Tips Membuat Foto Produk Agar Menarik Perhatian di Media Sosial

Melansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa penyebab gagal ginjal di antaranya:

Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus, terutama tipe 2, adalah salah satu penyebab utama gagal ginjal. Tingginya kadar gula darah dalam jangka panjang dapat merusak pembuluh darah dan membran filtrasi ginjal. Akibatnya, ginjal akan mengalami kerusakan progresif, yang jika tidak diatasi dengan baik, bisa menyebabkan gagal ginjal. Penting untuk mengontrol kadar gula darah jika Anda memiliki diabetes untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah faktor risiko utama dalam perkembangan gagal ginjal. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah kecil dalam ginjal, menyebabkan kerusakan ginjal progresif. Penting untuk memantau tekanan darah secara teratur dan mengikuti pengobatan yang diresepkan oleh dokter jika Anda memiliki hipertensi.

Baca Juga: Manfaat Daun Ketumbar Untuk Meredakan Peradangan, Ada 7 Khasiat Penting

Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik adalah gangguan genetik yang dapat mengakibatkan pembentukan kista di dalam ginjal. Kista ini dapat tumbuh seiring waktu dan merusak jaringan ginjal, akhirnya menyebabkan gagal ginjal. Penyakit ginjal polikistik seringkali diturunkan dalam keluarga, jadi jika ada riwayat keluarga dengan kondisi ini, Anda harus memeriksakan diri secara teratur.

Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal, atau pielonefritis, adalah infeksi serius pada ginjal. Jika tidak diobati dengan baik, infeksi ini dapat merusak jaringan ginjal dan menyebabkan kerusakan permanen. Infeksi ginjal sering kali disebabkan oleh bakteri yang naik dari saluran kemih ke ginjal. Penting untuk mengobati infeksi ginjal segera untuk mencegah komplikasi.

Baca Juga: Jika Badan Anak Panas, Kenali 8 Obat Demam Anak Alami Berikut

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu, terutama obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang digunakan dalam jangka panjang, dapat merusak ginjal. Selain itu, obat-obatan tertentu seperti ibuprofen dan aspirin dapat meningkatkan tekanan darah dan memengaruhi fungsi ginjal. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengonsumsi obat-obatan tersebut dalam jangka panjang.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun seperti lupus atau penyakit radang ginjal lainnya dapat menyebabkan kerusakan ginjal karena sistem kekebalan tubuh menyerang ginjal. Penderita penyakit autoimun perlu mendapatkan perawatan yang sesuai untuk mengendalikan peradangan dan melindungi ginjal.

Demikian beberapa penyebab gagal ginjal yang perlu diketahui dan diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×