kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi


Selasa, 16 Mei 2023 / 11:18 WIB
Kenali 7 Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi
ILUSTRASI. Manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Meski dikenal jadi bahan masakan, manfaat kemiri untuk kesehatan juga tidak perlu diragukan karena teruji berbagai klinis.

Tidak berhenti disitu, kemiri juga termasuk salah satu jenis rempah yang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam kemiri di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, vitamin B dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 8 Manfaaf Buah Jambu Air Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Kemiri juga menjadi salah satu rempah yang cukup banyak diminati dan kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan. Lalu apa saja manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh? 

Melansir dari Global Food, berikut beberapa manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh:

1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah mampu melancarkan pencernaan. Pasalnya, kemiri mengandung cukup bangak serat yang dapat mencegah sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: Coba 5 Obat Diabetes Alami yang Ampuh dan Aman Untuk Dikonsumsi

2. Menurunkan Berat Badan

Kemiri juga mempunyai peran untuk dapat menurunkan berat badan. Dengan begitu mengkonsumsi kemiri juga mampu menurunkan risiko obesitas. 

Sebuah studi tahun 2018 menemukan hubungan antara kemiri, penurunan berat badan, dan risiko obesitas yang lebih rendah. Dalam studi tersebut, peserta yang makan lebih banyak kemiri lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kelebihan berat badan dibandingkan mereka yang tidak.

3. Melindungi Kerusakan Sel

Selain itu, kemiri juga bermanfaat untuk melindungi kerusakan sel. Hal tersebut dikarenakan kemiri mengandung antioksidan, vitamin E dan berbagai nutrisi lain yang mampu melindungi sel dari radikal bebas.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dalam kemiri dapat membantu melindungi tubuh dari jenis kerusakan sel yang terkait dengan kanker.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa diet kaya nutrisi mampu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah peserta. 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mampu menurunkan kolesterol, kemiri juga berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kemiri juga mampu mengurangi berbagai risiko penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Pantangan Asam Urat yang Membahayakan Kesehatan

6. Mengurangi Peradangan 

Kemiri dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang mengandung banyak nutrisi. Pasalnya, makanan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan kronis.

Baca Juga: Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan, Ada 5 Hal yang Perlu Diketahui

7. Meningkatkan Jumlah Sperma

Manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yaitu juga mampu meningkatkan jumlah sperma. Sehingga mengkonsumsi kemiri secara rutin bisa menjadi alternatif mengatasi masalah kesuburan.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan, termasuk kemiri, dapat meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan kualitas sperma. Itulah beberapa manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×