kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   -927,64   -100.00%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?


Jumat, 24 Maret 2023 / 13:49 WIB
Kenali 7 Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian dan tidak kalah dengan jenis ikan lainnya. Selain itu, manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh juga telah teruji secara klinis.

Oleh sebab itu, manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, ikan tuna juga kerap direkomendasikan untuk dikonsumsi karena mempunyai banyak manfaat.

Selain dikenal mempunyai banyak manfaat, ikan tuna juga memiliki rasa yang khas dan enak untuk dikonsumsi. Tak jarang juga ikan tuna kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

Banyaknya manfaat ikan tuna untuk kesehatan juga tidak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi dalam ikan tersebut. Kandungan nutrisi dalam ikan tuna di antaranya seperti protein, zat besi, magnesium, potasium, kalsium, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12 dan lain-lain.

Melansir dari NDTV Food, berikut beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga Kesehatan Hati

Salah satu manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh di antaranya mampu menjaga kesehatan hati. Hal tersebut dikarenakan ikan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang mampu menyeimbangkan pembuluh darah sehingga mengurangi kolesterol di arteri.

Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Catat!

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh selanjutnya juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Asam lemak omega-3 dalam kombinasi dengan potasium memberikan efek anti-inflamasi pada sistem kardiovaskular

Sehingga mengkonsumsi ikan tuna bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, risiko stroke, dan serangan jantung.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ikan tuna adalah salah satu ikan yang mengandung cukup banyak vitamin C. Sehingga mengkonsumsi ikan tuna mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

Baca Juga: 6 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Cek Ya!

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ikan tuna juga kerap dikonsumsi dan direkomendasikan saat diet menurunkan berat badan. Pasalnya, ikan tuna mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori. Sehingga kebutuhan nutrisi hari bisa terpenuhi dan perut terasa lebih kenyang dengan defisit kalori yang rendah.

5. Menguatkan Tulang

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu juga dapat menguatkan tulang. Pasalnya, ikan tuna juga mengandung vitamin B yang efektif meningkatkan kepadatan tulang dan melindungi dari cedera seperti patah tulang.

Baca Juga: Kenali 6 Nutrisi Buah Blewah yang Bermanfaat Untuk Kesehatan, Apa Saja?

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain menguatkan tulang, mengkonsumsi ikan tuna juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit. Banyaknya kandungan vitamin B kompleks, vitamin B dan lain-lain mampu memberikan warna halus serta membuat kulit tampak lebih cerah.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan yakni mampu mengurangi risiko kanker. Pasalnya, ikan tuna mengandung antioksidan dan senyawa antikanker yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ikan tuna secara teratur membantu menghilangkan risiko kanker payudara dan ginjal. Demikian beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×