kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,19   5,86   0.65%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Pengobatan Mata Ikan beserta Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai


Selasa, 07 November 2023 / 14:57 WIB
Kenali 6 Pengobatan Mata Ikan beserta Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai
ILUSTRASI. Kenali 6 Pengobatan Mata Ikan beserta Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai


Penulis: Bimo Kresnomurti

Cara Pengobatan Mata Ikan - JAKARTA. Simak penyebab mata ikan dan cara mengatasinya. Salah satu penyakit menular ini tentu perlu Anda waspadai karena bisa mengganggu kenyamanan Anda.

Mata ikan, yang juga dikenal sebagai kutil plantar, biasanya disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV).

Jika tidak diobati, rasa sakitnya bisa menjadi sangat hebat dan hampir tak tertahankan. Nyeri tidak diragukan lagi merupakan gejala paling jelas dari munculnya jagung berserat di kaki, tapi ini bukan satu-satunya.

Kutil plantar biasanya memiliki morfologi yang cukup khas yakni berukuran besar dan bulat, serta memiliki warna kulit kekuningan tua.

Baca Juga: 8 Makanan Sehat untuk Mengontrol Gula Darah Penderita Diabetes

Selain itu, biasanya muncul di area sela-sela jari kaki, sehingga dinamakan heloma interdigital. Biasanya paling sering muncul di sela-sela jari kaki keempat dan kelima.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengembangkan mata ikan.

Penyebab mata ikan

Kutil

Simak penyebab mata ikan bisa timbul pada bagian seperti kaki dan tangan.

  • Kontak dengan Virus HPV: Virus HPV adalah penyebab umum mata ikan. Anda dapat terinfeksi virus ini melalui kontak langsung dengan kutil yang ada pada seseorang atau dengan permukaan yang terkontaminasi.
  • Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah: Sistem kekebalan tubuh yang melemah, baik akibat penyakit atau pengobatan tertentu, dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi virus HPV dan pengembangan mata ikan.
  • Lingkungan yang Menyebabkan Gesekan atau Tekanan: Mata ikan sering muncul di area-area kulit yang mengalami gesekan atau tekanan berulang, seperti telapak kaki atau tangan. Aktivitas berat atau pemakaian sepatu yang tidak cocok dapat meningkatkan risiko mata ikan.
  • Kecenderungan Genetik: Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk lebih rentan terhadap infeksi virus HPV dan pengembangan mata ikan.
  • Kebersihan Lingkungan tidak terjaga: Dengan menjaga kebersihan dan menjaga kaki dan tangan tetap kering dapat membantu mencegah infeksi virus HPV.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat Ikan Sidat atau Unagi untuk Kesehatan Tubuh

Nah, dalam mengatasi mata ikan bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi ada beberapa metode yang dapat membantu.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi mata ikan dirangkum dari Salvum Clinic.

1. Konsultasikan Dokter

Apabila Anda memiliki mata ikan yang parah atau sulit diatasi, konsultasikan dengan dokter atau ahli perawatan kulit. Mereka dapat memberikan saran dan perawatan yang lebih kuat.

2. Gunakan Obat Kutil Over-the-Counter (OTC)

Obat-obatan OTC yang mengandung asam salisilat atau asam laktat dapat membantu melunakkan lapisan kulit yang mengelilingi mata ikan. Gunakan sesuai petunjuk pada kemasan.

3. Pembekuan dengan Nitrogen Cair

Dalam beberapa kasus, dokter dapat membekukan mata ikan dengan nitrogen cair dalam prosedur yang disebut krioterapi. Ini membantu menghancurkan kutil dan memungkinkan mereka untuk jatuh dengan sendirinya.

4. Prosedur Bedah

Saat situasi cukup parah, dokter mungkin melakukan prosedur bedah untuk mengangkat mata ikan. Ini mungkin diperlukan jika mata ikan besar, parah, atau tidak merespons pengobatan lain.

5. Hindari tertekan Berlebih

Saat mata ikan muncul di telapak kaki, Anda perlu menghindari pemakaian sepatu yang menekan atau menggosok pada area tersebut.

6. Perawatan di Rumah

Saat Anda ingin mencoba mengatasi mata ikan di rumah, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda coba:

  • Rendam kaki Anda dalam air hangat selama sekitar 10-15 menit untuk melunakkan mata ikan.
  • Gosok lembut mata ikan dengan batu apung, pengikis kutil, atau alat khusus yang dirancang untuk penghapusan kutil. Pastikan untuk tidak terlalu keras karena itu dapat menyebabkan kerusakan kulit.
  • Oleskan obat kutil OTC setelah menghilangkan kulit mati. Baca petunjuk dengan cermat dan ikuti instruksi.

Penting untuk diingat bahwa mata ikan bisa kembali muncul, terutama jika virus yang menyebabkannya masih ada di lingkungan Anda. Oleh karena itu, selalu jaga kebersihan dan hindari berjalan telanjang kaki di tempat umum yang lembap.

Demikian informasi terkait penanganan kutil plantar atau mata ikan yang perlu diwaspadai penularannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×