Kenali 4 Penyebab Sering Kesemutan yang Perlu Anda Ketahui

Rabu, 08 Juni 2022 | 11:11 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Kenali 4 Penyebab Sering Kesemutan yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Kesemutan.


KONTAN.CO.ID - Kesemutan adalah istilah dimana kondisi terasa mati rasa seperti dikelilingi oleh semut di beberapa bagian tubuh, contohnya di area kaki atau tangan. Anda perlu mengetahui beberap penyebab kesemutan. 

Pasalnya, jika sering mengalami kesemutan hal tersebut mungkin saja menjadi tanda adanya gangguan kesehatan dalam tubuh Anda. Oleh karena itu penting mengetahui penyebab kesemutan, meski terlihat ringan dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. 

Penyebab kesemutan yang mungkin Anda alami juga tidak semua disebabkan oleh gangguan kesehatan. Namun, jika frekuensi terlalu sering itulah yang harus menjadi catatan dan sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. 

Baca Juga: Bekas Jerawat Langsung Hilang, Sudah Coba 6 Obat Alami Ini?

Melansir dari Health Grades, berikut beberapa penyebab kesemutan yang perlu diketahui: 

Kecanduan Alkohol

Perlu Anda ketahui, kecanduan terhadap minuman beralkohol mempunyai risiko yang dapat mengganggu sistem saraf. Oleh sebab itu, kecanduan alkohol dapat menjadi salah satu penyebab Anda sering kesemutan yang perlu diwaspadai. 

Selain menjadi salah satu penyebab kesemutan, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga berbahaya bagi kesehatan tubuh lainnya. 

Kecelakaan 

Dilansir dari Health Grades, kecelakaan yang menimbulkan kerusakan dibeberapa organ tubuh juga dapat menjadi penyebab frekuensi kesemutan menjadi lebih sering. Khususnya yang berkaitan dengan sistem saraf, seperti patah tulang, punggung terluka, hingga gejala tumor juga perlu Anda waspadai.

Baca Juga: 6 Cara Menurunkan Gula Darah Alami yang Perlu Anda Ketahui, Mau Coba?

Gaya Hidup

Gaya hidup yang kurang baik juga dapat menjadi salah satu penyebab Anda sering kesemutan loh. Hal tersebut dikarenakan tubuh kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan merubah gaya hidup menjadi lebih baik. 

Pernyakit Tertentu

Selain kecelakaan, terdapat penyakit tertentu juga yang bisa menjadi penyebab Anda sering merasa kesemutan. Jenis penyakit yang dimaksud contohnya seperti gangguan fungsi kelenjar tiroid dan stroke. 

Penyebab kesemutan tersebut tentu tidak bisa dianggap sepele. Selain itu, biasanya jika Anda mengalami kesemutan yang disebabkan oleh faktor di atas, akan muncul gejala-gejala lain seperti mati rasa, halusinasi, kesulitan berbicara hingga pingsan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru