Keluarga Anda positif corona? Ini hal yang harus Anda lakukan

Rabu, 22 Juli 2020 | 10:47 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Keluarga Anda positif corona? Ini hal yang harus Anda lakukan

ILUSTRASI. Pasien positif corona dengan gejala ringan bisa dirawat di rumah dengan menerapkan cara yang benar. REUTERS/Alaa Al-Marjani

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran virus corona di Indonesia masih belum terputus. Angka positif corona juga masih bertambah. Jika salah satu anggota keluarga Anda terserang virus corona dan menunjukkan gejala ringan atau tak bergejala sama sekali, Anda harus merawatnya dengan cara yang benar.

Melalui akun Twitter resminya, WHO memberikan imbauan tentang bagaimana merawat pasien positif corona dengan cara yang benar. Tentu saja imbauan dari WHO harus diterapkan dengan baik agar tidak ada penyebaran virus corona lagi.

Pakai Disinfektan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ada pasien positif corona di rumah Anda adalah memakai disinfektan secara rutin. Bersihkan setiap permukaan benda di rumah menggunakan disinfektan agar tidak ada virus corona atau bakteri lainnya yang menempel.

Baca Juga: Cara diet tanpa nasi Aurel Hermansyah dan Nia Ramadhani, sehatkah?

Rajin Cuci Tangan

Karena ada pasien positif corona di rumah, maka rajin cuci tangan menggunakan sabun adalah hal yang wajib dilakukan. WHO mengimbau agar Anda dan anggota keluarga lain mencuci saat menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah merawat pasien positif corona, dan kapan pun saat tangan terasa kotor.

Saat Anda batuk atau bersin, tutuplah mulut dan hidung Anda menggunakan siku atau tisu. Setelah dipakai, buang tisu tersebut langsung ke tempat sampah. Setelah itu, segera cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Pakai Peralatan yang Berbeda dengan Pasien Positif Corona

Mengurangi intensitas kontak langsung dengan pasien positif corona adalah hal penting yang perlu dilakukan oleh semua anggota keluarga. Salah satu cara yang disarankan WHO adalah dengan memakai alat makan yang berbeda agar transmisi virus corona tidak terjadi.

Baca Juga: Ampuh! Inilah obat herbal untuk sesak nafas

Tiap anggota keluarga harus jeli dengan kondisi kesehatan anggota keluarga yang lain. Apabila timbul gejala penyakit corona, maka Anda harus segera melakukan pertolongan. Misalnya, meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi, meredakan batuk dan deman dengan obat, dan lain-lain.

Pakai Ruangan yang Berbeda

WHO merekomendasikan agar Anda menggunakan ruangan yang berbeda dengan pasien positif corona. Namun, bila cara itu tidak memungkinkan, Anda masih bisa memakai ruangan yang sama, tapi tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. Jangan lupa untuk menjaga ventilasi udara di ruangan, ya.

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah menelepon fasilitas layanan kesehatan jika pasien positif corona menunjukkan gejala yang lebih parah. Misalnya, pasien tersebut mulai kesulitan bernapas.

Jangan lupa untuk selalu berada di rumah dan kurangi aktivitas di luar rumah. Istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bernutrisi akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik.

 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru