Penyakit Menular

Kebiasaan merokok bisa memperparah infeksi virus corona

Jumat, 20 November 2020 | 11:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kebiasaan merokok bisa memperparah infeksi virus corona

ILUSTRASI. Infeksi virus corona bisa diperparah oleh kebiasaan merokok. Lee Smith/REUTERS


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Covid-19 merupakan suatu penyakit sistem pernapasan yang disebabkan oleh serangan virus corona. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit itu semakin parah. Salah satunya adalah kebiasaan merokok.

Mengutip dari India Today (indiatoday.in), kebiasaan merokok memperparah infeksi virus corona dan meningkatkan resiko kematian akibat penyakit itu. Studi yang melibatkan para peneliti dari University of California Los Angeles memanfaatkan platform yang bernama air-liquid interface culture.

Platform tersebut merupakan replikasi dari saluran pernapasan bagian atas. Pada bagian itu, lendir diproduksi untukmenangkap virus, bakteri, atau jenis zat beracun lainnya. Platform yang digunakan dalam penelitian memakai sel bernama human airway stem cell.

Jenis sel itu didapat dari pendonor yang memiliki jaringan sehat dan tidak terpapar asap rokok. Jadi, para peneliti mereplikasi efek merokok dengan memberi asap rokok pada platform yang dipakai selama tiga menit setiap hari. Hal itu dilakukan hingga empat hari.

Baca Juga: Duh, 1 dari 5 pasien virus corona alami gangguan kesehatan mental

Melansir dari India Today, model penelitian yang digunakan telah dipakai untuk studi penyakit paru-paru selama lebih dari satu dekade. Jadi, bisa jadi petunjuk bagaimana perubahan saluran pernapasan pada orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok.

Setelah diberi paparan asap rokok, platform yang dipakai dalam penelitian juga diberi Virus Corona. Selanjutnya, para peneliti membandingkan bagaiman kondisi platform itu dengan jenis platform lain dengan jaringan yang lebih sehat.

Baca Juga: Virus corona bisa mengganggu kesuburan pria?

Hasilnya, sel dalam platform yang terpapar asap rokok dua hingga tiga kali lebih mudah terinfeksi. Hal itu membuktikan bahwa merokok dapat memperparah infeksi Virus Corona. Protein pengantar pesan sistem imun tubuh, bernama interferon, tak mampu melakukan fungsinya secara normal.

Interferon berperan penting dalam sistem imun tubuh karena menstimulus sel yang terinfeksi untuk memprodukai protein yang mampu melawan serangan virus. Asap rokok mampu mengurangi sistem pertahan alami sehingga virus menjadi lebih mudah menyerang tubuh.

Selanjutnya: Obesitas meningkatkan dampak infeksi Virus Corona

Editor: Belladina Biananda


Terbaru