Kayu manis efektif menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, benarkah?

Kamis, 23 September 2021 | 14:08 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Kayu manis efektif menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, benarkah?

ILUSTRASI. Kayu manis

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah orang percaya kayu manis bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Berikut sederet penelitian yang mengungkapkan hubungan kayu manis dengan kadar gula darah. 

Kayu manis populer digunakan dalam dunia kuliner tanah air. Umumnya, kayu manis digunakan sebagai taburan es krim, churos, atau penyedap minuman. 

Baca Juga: Tak ingin asam lambung kumat? Jangan coba-coba konsumsi makanan dan minuman ini

Faktanya, kayu manis juga bermanfaat sebagai obat herbal yang efektif meredakan sejumlah penyakit. 

Mengutip dari Medical News Today, kayu manis kerap dikaitkan dengan penyakit diabetes karena bisa membantu menurunkan kadar gula darah. 

Sebuah peninjauan tahun 2012 dari 10 ujicoba terkontrol secara acak menemukan tidak ada cukup bukti tentang efektifitas kayu manis mengendalikan gula darah. 

Penelitian tahun 2013 menyebutkan konsumsi kayu manis 1 gram per hari selama 30 hari sampai 60 hari tidak memberikan efek pada peningakatan kadar gula darah. 

Sedikit berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 yang dipublikasikan di journal of Intercultural Enthnopharmacology, konsumsi kayu manis 1 gram selama 12 minggu bisa menurunkan sekitar 17% kadar gula puasa pada penderita diabetes. 

Analisis 2016 yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics bertujuan mengumpulkan penelitian yang ada tentang peran kayu manis dalam pengurangan gula darah. 

Para penulis meninjau 11 penelitian yang membahas kayu manis dan pengobatan diabetes, semuanya menyatakan adanya penurunan kadar gula darah puasa. Penelitian yang mengukur glukosa jangka panjang juga melihat adanya pengurangan.  

Namun, hanya empat dari penelitian yang mencapai pengurangan gula darah sesuai dengan tujuan pengobatan American Diabetes Association (ADA). Artinya, kayu manis mungkin efektif mengelola gula darah pada beberapa orang tapi bukan menjadi alternatif pengobatan untuk penderita diabetes. 

Analisis 2011 dalam Journal of Medical Food menunjukkan adanya potensi kayu manis untuk menurunkan kadar gula darah. Peneliti membandingkan hasil delapan penelitian sebelumnya dan menemukan adanya penurunan kadar gula rata-rata 3%-5%. 

Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa kayu manis memberikan dampak negatif untuk kadfar gula darah. Sehingga, kayu manis aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Tips mengonsumsi kayu manis 

Umumnya penelitian yang dilakukan untuk mencari adanya hubungan kayu manis dengan gula darah hanya menggunakan treatment konsumsi kayu manis sebanyak satu sendok teh atau kurang. 

Sama seperti obat, efek samping dan hasil yang didapatkan orang berbeda-beda. Sebagian orang tidak akan merasakan adanya manfaat kayu manis dalam menurunkan kadar gula darah. 

Mungkin ada sejumlah orang yang merasakan efek samping konsumsi kayu manis. 

Jadi, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kayu manis. 

Selain itu penderita diabetes yang juga menderita penyakit hati sebaiknya tidak mengonsumsi kayu manis. Sebab kayu manis bisa membuat penyakit hati semakin parah. 

Baca Juga: Efektif menurunkan gula darah, ini aturan konsumsi kunyit untuk penderita diabetes

Selanjutnya: Minum infused water sereh bikin asam urat rontok

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru