CLOSE [X]

Kata Dokter, Ini Tanda Virus Corona Telah Menginfeksi Tubuh

Jumat, 17 Desember 2021 | 15:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kata Dokter, Ini Tanda Virus Corona Telah Menginfeksi Tubuh

ILUSTRASI. Ada banyak tanda infeksi Virus Corona yang bisa terus Anda alami dalam jangka waktu lama. REUTERS/Eloisa Lopez


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski Anda sudah sembuh dari Covid-19, tapi masih banyak gejala Virus Corona yang bisa terus Anda alami. Memang ada banyak orang yang mengalami hal itu, tapi bukan berarti Anda bisa mengabaikannya, ya.

Tanda Covid-19 yang dibiarkan dan tidak diatasi dengan baik justru bisa memperparah kondisi kesehatan Anda. Apabila Anda terus mengalami beberapa kondisi berikut ini berbulan-bulan setelah terinfeksi Virus Corona, jangan ragu untuk terus berkonsultasi ke dokter, ya.

Kelelahan adalah ciri-ciri Virus Corona yang bisa terus Anda alami dalam jangka waktu yang relatif lama. Mengutip dari Eatthis.com, ada 63% pasien. Kelelahan akibat Covid-19 cukup berbeda dari jenis kelelahan yang terjadi. Anda mudah merasa lelah meski tidak melakukan banyak aktivitas fisik.

Sulit tidur jadi gejala Virus Corona lainnya yang terus terjadi meski Anda sudah sembuh. Selain menyerang sistem pernapasan, beberapa dokter mengatakan bahwa Covid-19 juga menyerang sistem saraf. Hal itulah yang membuat Anda mudah cemas sehingga membuat Anda kesulitan untuk tidur.

Baca Juga: Kasus Covid-19 melandai, 3T jangan kendur

Selanjutnya, rambut rontok adalah kondisi lain yang perlu Anda waspadai setelah sembuh dari infeksi Covid-19. Melansir Eatthis.com, kebanyakan pasien yang mengalami rambut rontok awalnya menderita sakit perut, sakit kepala, dan kelelahan ekstrem.

Menurunnya fungsi indra penciuman jadi gejala Covid-19 berikutnya yang dialami oleh cukup banyak orang. Semakin parah infeksi Virus Corona di tubuh Anda, tentu saja semakin serius masalah indra penciuman yang Anda alami.

Baca Juga: Mengenal Covid-19 pada anak-anak dan remaja, mulai risiko hingga vaksinasi

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak gejala Virus Corona lain yang bisa Anda alami secara terus-menerus. Mulai dari masalah pada jantung, seperti palpitasi, nyeri sendi, nafsu makan menurun, pusing, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari beberapa kondisi tersebut, cobalah untuk segera mendapat suntikan vaksin Covid-19. Vaksin membantu tubuh Anda menjadi lebih kuat melawan infeksi virus. Selain mendapat vaksin, pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru