kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus DBD Naik 3X Lipat, Cek Makanan Penambah Trombosit yang Cepat


Jumat, 26 April 2024 / 14:54 WIB
Kasus DBD Naik 3X Lipat, Cek Makanan Penambah Trombosit yang Cepat
ILUSTRASI. Kasus DBD Naik 3X Lipat, Cek Makanan Penambah Trombosit yang Cepat


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Makanan Penambah Trombosit-Jakarta. Jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia terus meningkat pada tahun 2024 ini. Lalu, apa saja makanan penambah trombosit paling cepat untuk membantu penyembuhan DBD?

Diberitakan Tribunnews.com, Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) melaporkan kasus DBD hingga minggu ke-16 tahun 2024 sebanyak 76.132 kasus. Adapun kasus kematian DBD mencapai 540 kematian.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, jumlah saat ini mengalami peningkatan dibanding periode yang sama di tahun 2023.

Pada periode yang sama di minggu ke-16 tahun 2023 jumlah kasus DBD sebanyak 25.050 kasus dengan kematian sebanyak 180 kematian. "Update data DBD minggu 16 Tahun 2024, jumlah kasus DBD: 76.132 kasus. Jumlah kematian DBD: 540 kematian," kata dia di Jakarta, Jumat (26/4/2024). 

Baca Juga: Aturan Pemberian Obat Demam Anak, Waspadai Penyebab Demam Naik Turun Pada Anak

Tren saat ini menunjukan, kenaikan jumlah kematian nyaris 3 kali lipat.

Berikut data rinci jumlah kasus dan daerah kasus dan kematian tertinggi di Indonesia:

5 kabupaten/kota kasus tertinggi tahun 2024
1. Kabupaten Tangerang 2.540 kasus DBD 
2. Kota Bandung 1.741 kasus DBD 
3. ⁠Kota Bogor 1.547 kasus DBD 
4. ⁠Kabupaten Bandung Barat 1.422 kasus DBD 
5. ⁠Kabupaten Lebak 1.326 kasus

5 Kabupaten/kota kematian DBD tertinggi Tahun 2024
1. Kabupaten Bandung 25 kematian
2. Kabupaten Jepara 21 kematian
3. Kabupaten Subang 18 kematian
4. Kabupaten Kendal 16 kematian
5. Kota Bekasi 15 Kematian

Makanan penambah trombosit

Penderita DBD sering kali mengalami penurunan trombosit. Agar cepat sembuh dari DBD, jumlah trombosit harus ditingkatkan ke level normal/

Ada sejumlah makanan penambah trombosit yang perlut dikonsumsi penderita DBD. Mengutip Kompas.com, laman PharmEasy menyebutkan beberapa jenis makanan penambah trombosit secara alami:

  • Susu

Makanan penambah trombosit yang pertama adalah susu. Susu mengandung vitamin K yang penting dalam mekanisme pembekuan darah. Konsumsi susu secara teratur diyakini dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit.

  • Sayuran berdaun hijau

Makanan penambah trombosit yang kedua adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran adalah sumber vitamin K dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah trombosit sampai batas tertentu.

  • Ekstrak daun pepaya

Makanan penambah trombosit yang ketiga adalah ekstrak daun pepaya. Ekstrak daun pepaya cocok untuk meningkatkan jumlah trombosit saat demam berdarah.

  • Buah delima

Makanan penambah trombosit yang keempat adalah buah delima. Biji buah delima kaya akan zat besi dan dapat meningkatkan jumlah darah secara signifikan.

  • Labu

Makanan penambah trombosit yang kelima adalah labu. Labu mengandung vitamin A yang bermanfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit yang diproduksi oleh sumsum tulang.

  • Rumput gandum

Makanan penambah trombosit yang keenam adalah rumput gandung. Rumput gandum mengandung klorofil tingkat tinggi yang secara struktural mirip dengan hemoglobin dalam darah, bermanfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit dan meningkatkan jumlah total sel darah merah dan sel darah putih dalam darah.

Itulah daftar makanan penambah trombosit yang perlu dikonsumsi para penderita DBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×