kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Angka Normal Trombosit, Cek Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat Tanpa Obat


Selasa, 23 April 2024 / 11:22 WIB
Inilah Angka Normal Trombosit, Cek Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat Tanpa Obat
ILUSTRASI. Inilah Angka Normal Trombosit, Cek Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat Tanpa Obat


Reporter: Adi Wikanto, Virdita Rizki Ratriani | Editor: Adi Wikanto

CARA MENAIKKAN TROMBOSIT PADA ANAK DENGAN CEPAT TANPA OBAT - Jakarta. Penderita demam berdarah dengue (DBD) sering kali mengalami penurunan trombosit. Berapa angka normal trombosit? Lalu bagaimana cara menaikkan trombosit pada anak dengan cepat tanpa obat pada pasien DBD?

Diberitakan Kompas.com, trombosit adalah sepotong kecil sel berbentuk cakram yang ditemukan di darah dan limpa, menurut National Cancer Institute NIH. Darah mengandung banyak jenis sel, yakni sel darah putih (monosit, limfosit, neutrofil, eosinofil, basofil, dan makrofag), sel darah merah (eritrosit), dan juga trombosit.

Dilansir dari laman Britannica, trombosit adalah sel terkecil dalam darah, dengan diameter rata-rata sekitar 2 hingga 4 mikrometer. Seperti sel darah merah, mereka tidak memiliki inti dan tidak mampu membelah sel (mitosis), namun mereka memiliki metabolisme dan struktur internal yang lebih kompleks daripada sel darah merah.

Jika dilihat pada darah segar, mereka tampak bulat, namun cenderung mengeluarkan filamen mirip rambut dari membrannya. Trombosit menempel satu sama lain tetapi tidak pada sel darah merah dan sel darah putih. Butiran kecil di dalam trombosit mengandung zat penting untuk aktivitasnya yang meningkatkan pembekuan darah.

Fungsi utama trombosit adalah membantu membentuk pembekuan darah untuk memperlambat atau menghentikan pendarahan dan membantu penyembuhan luka. Ketika pembuluh darah robek, trombosit akan saling menempel membentuk gumpalan, menyumbat robekan untuk menghentikan pendarahan.

Angka  trombosit normal 

Trombosit diproduksi di sumsum tulang belakang yang juga memproduksi sel darah putih dan sel darah merah. Setelah trombosit diproduksi dan diedarkan ke aliran darah, trombosit dapat bertahan selama 8 hingga 10 hari. 

Dirangkum dari laman University of Rochesrer Medical Center, berikut adalah angka trombosit normal: 

  • Angka trombosit yang normal adalah 150.000 hingga 450.000 per mikroliter darah. 
  • Angka trombosit normal wanita antara 157.000 hingga 371.000 per mikroliter darah. 
  • Angka trombosit normal pria adalah antara 135.000 hingga 317.000 per mikroliter darah.

Baca Juga: Manfaat Menakjubkan Daun Sirsak, Cara Mengolah, dan Efek Samping yang Bisa Muncul

Angka trombosit tidak normal

Angka trombosit yang tidak normal atau turun dapat menjadi tanda adanya kondisi kesehatan tertentu atau efek samping dari pengobatan. 

Angka trombosit yang lebih tinggi dari 450.000 per mikroliter darah dikenal sebagai trombositosis. Kelebihan trombosit ini dapat menyebabkan pembekuan yang tidak perlu atau bahkan pendarahan. 

Sementara, trombositopenia adalah kondisi Angka trombosit yang kurang dari 150.000 per mikroliter. Sedangkan kondisi trombositopendia berat adalah kondisi ketika Angka trombosit di bawah 20.000. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×