kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ratusan Warga Tangsel Terjangkit DBD, Ini Cara Menaikkan Trombosit Tanpa Obat


Jumat, 01 Maret 2024 / 13:53 WIB
Ratusan Warga Tangsel Terjangkit DBD, Ini Cara Menaikkan Trombosit Tanpa Obat
ILUSTRASI. Cara menaikkan trombosit dengan cepat ini bisa menjadi alternatif untuk membantu pengobatan dokter.


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

CARA MENAIKKAN TROMBOSIT DENGAN CEPAT TANPA OBAT - Jakarta. Ratusan warga Tangerang Selatan (Tangsel) terjangkit demam berdarah dengue (DBD). Simak cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat untuk penderita DBD.

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat penting diketahui jika Anda atau anggota keluarga lain terjangkit DBD. Cara menaikkan trombosit dengan cepat ini bisa menjadi alternatif untuk membantu pengobatan dokter.

Diberitakan Kompas.com, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel mencatat 201 kasus DBD yang tersebar di tujuh kecamatan sejak Januari hingga 27 Februari 2024. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel Allin Hendalin mengatakan, penyakit DBD menyerang 201 warga Tangsel yang berusia 15 hingga 49 tahun.

"(Dari) 15-49 tahun. Meningkatnya itu di bulan Februari. Pada tahun lalu itu juga sama, bulan Januari sampai Februari," ujarAllin dalam keterangannya, Jumat (1/3/2024).

Peningkatan kasus DBD di Tangerang Selatan pada Februari 2024 diduga karena musim hujan bersamaan dengan periode nyamuk aedes aegypti berkembang biak.

Guna mencegah peningkatan kasus DBD yang berlanjut, Pemkot Tangsel akan mengerahkan juru pemantau jentik (jumantik) yang ada di wilayah ke setiap rumah warga. Selain itu, Allin meminta kepada masyarakat untuk menerapkan 3M Plus yakni menguras dan menutup tempat penampungan air dan mendaur ulang berbagai barang yang tak terpakai.

"Jadi masyarakat punya kesadaran sendiri untuk bisa melakukan yaitu 3M plus di rumahnya masing-masing. Itu dilakukan secara berkala," ucap Allin.

Baca Juga: Cara Mencegah Demam Berdarah dengan 3M Plus yang Bisa Dilakukan di Rumah

Berikut data kasus DBD per Kecamatan di Tangerang Selatan :

1. Kecamatan Serpong : 40 kasus.

2. Kecamatan Pamulang : 36 kasus.

3. Kecamatan Serpong Utara : 29 kasus.

4. Kecamatan Pondok Aren : 27 kasus.

5. Kecamatan Ciputat Timur : 24 kasus.

6. Kecamatan Setu : 23 kasus

7. Kecamatan Ciputat : 22 kasus.

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat

Penderita DBD biasanya mengalami penurunan trombosit. Trombosit adalah keping darah yang berperan penting dalam proses pembekuan darah di dalam tubuh.

Kementerian Kesehatan (Kemkes) menyatakan, kadar trombosit normal di dalam tubuh, yaitu sekitar 150.000–450.000 mcL. Saat terkena DBD, kadar trombosit di dalam tubuh bisa turun sehingga menyebabkan darah sulit membeku dan dapat memicu terjadinya perdarahan secara berlebihan.

Lalu bagaimana cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat?

Dilansir dari website RS Siloam, berikut cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat:

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang pertama adalah dengan menerapkan pola hidup sehat sebaik mungkin, seperti rutin melakukan aktivitas fisik, menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang, dan istirahat yang cukup. Hal tersebut diketahui dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang berkaitan dengan proses produksi trombosit di dalam tubuh.

2. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti hati ayam, daging sapi, dan bayam. Dilansir dari jurnal Pediatric Hematology and Oncology, konsumsi makanan yang mengandung zat besi diketahui dapat menaikkan kadar trombosit pada pasien yang menderita anemia defisiensi zat besi.

3. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin K

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang ketiga adalah konsumsi makanan tinggi vitamin K. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K diketahui dapat membantu mengoptimalkan proses pembekuan darah bersama dengan trombosit.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K, seperti sayuran hijau dan kacang kedelai guna menghindari risiko terjadinya perdarahan berlebihan pada pasien trombositopenia.

4. Mencukupi Asupan Asam Folat

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang keempat adalah konsumsi makanan yang kaya asam folat. Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin B kompleks yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah untuk mengoptimalkan proses pembentukan sel darah. Karena itu, mencukupi asupan asam folat memiliki peran penting dalam menaikkan kadar trombosit di dalam tubuh.

Untuk memenuhi asupan asam folat, Anda dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, hati sapi, alpukat, dan lain sebagainya.

5. Memenuhi Asupan Vitamin B12

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang kelima adalah konsumsi makanan kaya vitamin B12. Kekurangan asupan vitamin B12 juga dapat memicu terjadinya trombositopenia.

Karena itu, sangat dianjurkan untuk memenuhi asupan vitamin B12 sebagai cara menaikkan jumlah trombosit secara alami. Beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu memenuhi asupan vitamin B12 adalah telur, daging sapi, kerang, dan ikan salmon.

6. Mengonsumsi Sumber Vitamin C

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang keenam adalah perbanyak konsumsi makanan kaya vitamin C seperti jeruk, kiwi, brokoli, dan paprika. Vitamin C merupakan jenis vitamin yang dapat membantu proses penyerapan zat besi sehingga bisa mengoptimalkan proses pembentukan sel darah, termasuk trombosit.

7. Mengonsumsi Makanan atau Minuman yang Mengandung Vitamin D

Cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat yang ketujuh adalah konsumsi makanan kaya vitamin D. Vitamin D adalah zat gizi atau nutrisi yang berfungsi untuk mendukung fungsi tulang, otot, saraf, dan sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin D juga memiliki peran penting dalam membantu sumsum tulang untuk menghasilkan trombosit dan komponen darah lainnya.

Adapun beberapa sumber vitamin D yang dapat dikonsumsi untuk menaikkan kadar trombosit adalah susu, kuning telur, dan minyak ikan. Penting pula untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi setiap 10–15 menit guna membantu proses sintesis vitamin D di dalam tubuh.

Itulah cara menaikkan trombosit dengan cepat tanpa obat. Segera hubungi dokter jika trombosit tak kunjung naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×