kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi turunkan level PPKM ke level 3, Indonesia menuju endemi Covid-19


Selasa, 24 Agustus 2021 / 05:40 WIB
Jokowi turunkan level PPKM ke level 3, Indonesia menuju endemi Covid-19


Reporter: Abdul Basith Bardan, Ratih Waseso | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harapan pandemi menjadi endemi mulai terlihat setelah pemerintah resmi melonggarkan kegiatan masyarakat meskipun masih dalam kondisi pandemi corona di Indonesia.

PenurunanĀ Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia ini karena beberapa indikator pandemi seperti kasus baru pasien positif corona di Indonesia, kasus aktif, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR), kematian pasien corona di berbagai wilayah, tingkat penularan atau reproduksi rate semua menunjukkan tanda-tanda penurunan yang diharapkan konsisten sehingga pandemi bisa berubah menjadi endemi.

Bahkan diyakini jika kondisi tren penurunan kasus ini bisa terus berlanjut dan stabil, maka kasus pandemi corona di Indonesia akan masuk masa endemi dalam beberapa waktu mendatang.

Baca Juga: Indonesia Menuju Endemi Covid-19

Seperti kita tahu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin (23/8) malam mengumumkan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia.

Hal itu mengacu pada sejumlah indikator yang telah menunjukkan perbaikan. Beberapa daerah disebut berhasil menurunkan level PPKM dari level 4 ke level 3 termasuk pada wilayah Jakarta Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Cimahi), dan Surabaya.

Baca Juga: PPKM Level 4 turun di sejumlah daerah, ini aturan pembatasan terbaru

"Pemerintah memutuskan mulai tanggal 24 Agustus hingga 31 Agustus beberapa daerah bisa diturunkan levelnya dari level 4 ke level 3," ujar Jokowi saat konferensi pers, Senin (23/8).

Jokowi bilang, terdapat 67 kabupaten/kota yang sebelumnya menerapkan PPKM level 4 di Jawa dan Bali. Angka itu berkurang menjadi 51 kabupaten/kota.

Sementara itu untuk wilayah yang menerapkan PPKM level 3 naik dari 59 Kabupaten/kota menjadi 67 kabupaten/kota. Sedangkan PPKM level 2 bertambah dari 2 kabupaten/kota menjadi 10 kabupaten/kota.

SELANJUTNYA>>>




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×