Jenis masker apa yang efektif mencegah Virus Corona?

Rabu, 15 September 2021 | 10:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jenis masker apa yang efektif mencegah Virus Corona?

ILUSTRASI. Ada beberapa jenis masker yang bisa Anda pakai sebagai cara mencegah Virus Corona. REUTERS/Aly Song

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski sudah mendapat vaksin Covid-19, bukan berarti Anda bisa melupakan protokol kesehatan. Memakai masker tetap perlu Anda lakukan. Terlebih bagi Anda yang sedang pergi ke tempat umum atau bertemu dengan banyak orang.

Memakai masker dengan cara yang benar bisa menghindarkan tubuh Anda dari infeksi Virus Corona. saat Anda terinfeksi pun, masker bisa mencegah Anda menularkannya ke orang lain. Pertanyaan selanjutnya adalah jenis masker apa yang sebaiknya Anda pakai?

Melansir E Times (timesofindia.indiatimes.com), masker N95 dinilai memberikan perlindungan yang paling optimal. Para ahli mengatakan bahwa jenis masker itu bisa menyaring udara hingga 95%.

Tenaga kesehatan dan Anda yang bekerja di tempat dengan risiko penularan tinggi disarankan memakai masker N95. Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang belum divaksin. Jika memakai masker N95 tidak memungkinkan, Anda bisa memakai masker serupa yang bernama masker K95.

Baca Juga: Hal ini dapat menyebabkan Virus Corona semakin ganas

Jenis masker selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara mencegah Virus Corona adalah masker bedah. Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah memakai masker bedah dengan ukuran yang pas.

Pastikan masker yang Anda pakai menutup hidung, mulut, hingga dagu. Kedua sisi masker juga perlu Anda perhatikan supaya tak ada rongga yang memungkinkan Virus Corona untuk masuk. Dengan melakukan hal-hal tersebut, perlindungan yang Anda miliki bisa maksimal.

Baca Juga: Ini prokes yang harus diperhatikan jika bioskop kembali buka

Tidak hanya masker N95 dan masker beda, masker kain juga bisa Anda gunakan untuk menghindari infeksi Virus Corona. Melansir E Times, Anda perlu menggunakan masker kain yang terdiri dari tiga lapis. Pilihlah bahan yang nyaman sehingga memudahkan Anda untuk bernapas.

Mengombinasikan dua jenis masker yang telah disebutkan juga bisa memberikan proteksi lebih ekstra. Hal itu bisa Anda lakukan saat mendatangi tempat-tempat dengan risiko penularan sangat tinggi. Selain memakai masker, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yang lain, ya.

Selanjutnya: Protokol kesehatan harus terus diterapkan di tempat makan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru