kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,33   -7,16   -0.78%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hal ini dapat menyebabkan Virus Corona semakin ganas


Selasa, 14 September 2021 / 09:44 WIB
Hal ini dapat menyebabkan Virus Corona semakin ganas
ILUSTRASI. Mutasi Virus Corona bisa semakin kuat saat vaksinasi dosis ketiga dilakukan. REUTERS/Sebastian Castaneda


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring berjalannya waktu, ada semakin banyak orang yang telah mendapat suntikan vaksin Covid-19 hingga dosis kedua. Bahkan, beberapa orang juga sudah mendapatkan tambahan suntikan vaksin dosis ketiga.

Sayangnya, hal itu bisa berbahaya, lo. Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga perlu diperlambat. Tujuannya supaya perkembangan Virus Corona yang lebih menular dapat dicegah.

Tidak hanya Virus Corona varian delta, tidak meratanya vaksinasi di seluruh dunia dapat memicu kemunculan varian-varian virus baru yang lebih kuat. Hasil penelitian itu dipublikasikan di Science pada Agustus lalu.

Selain membahayakan negara-negara dengan pendapatan rendah, vaksinasi yang tidak merata dan tidak seimbang juga berdampak buruk pada seluruh dunia. Meski demikian, vaksin Covid-19 dosis ketiga tetap bisa diberikan kepada golongan tertentu.

Baca Juga: Pemerintah waspadai tiga varian baru Covid-19, pintu masuk negara diperkuat

Mengutip dari Best Life, orang-orang yang memiliki masalah pada sistem imun tubuh perlu mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga. Namun, tentu saja Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter terkait hal itu, ya.

Tak hanya melindungi diri dengan vaksin, masih banyak cara mencegah Virus Corona lainnya yang perlu Anda lakukan. Pertama, usahakan untuk selalu memakai masker meski Anda sudah divaksin. Hindari tempat-tempat dengan risiko penularan Covid-19 yang tinggi.

Baca Juga: Patut waspada, inilah macam-macam gejala Virus Corona bisa Anda alami

Misalnya, kedai kopi, restoran, atau tempat umum lain dengan ventilasi udara yang buruk. Hindari pula tempat-tempat yang dipenuhi banyak orang. Jika Anda memang harus pergi ke tempat umum, usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain.

Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Anda bisa memakai sabun dan air atau hand sanitizer. Tidak berhenti sampai di situ, selalu jaga sistem imun tubuh tetap kuat. Caranya dengan rajin olahraga, mengonsumsi makanan bergizi, mengatur stres dengan baik, dan cara-cara yang lain.

Selanjutnya: Menkes sebut pemerintah siapkan dua skema menghadapi pandemi Covid-19 pada tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×