Jenis-Jenis Diet Vegetarian yang Bisa Anda Coba, Baik buat Kesehatan

Senin, 14 Februari 2022 | 10:17 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Jenis-Jenis Diet Vegetarian yang Bisa Anda Coba, Baik buat Kesehatan

ILUSTRASI. Jenis diet vegetarian yang baik buat vegetarian.


KONTAN.CO.ID - Diet vegetarian merupakan salah satu program diet yang bisa Anda pilih. Diet vegetarian memiliki beberapa jenis. 

Info saja, diet merupakan pola makan yang diatur sedemikian rupa, mulai cara, sumber, hingga jenis makanan untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan diet vegetarian secara umum adalah diet dengan cara lebih banyak mengonsumsi produk nabati dalam sayuran dibandingkan dengan produk hewani.

Ada banyak alasan lebih banyak orang memilih pola makan vegetarian. Terdapat beberapa jenis-jenis diet vegetarian, termasuk makanan yang harus disertakan dan dihindari di masing-masing variasi.

Jenis-jenis ini juga mengeksplorasi beberapa alasan umum mengapa orang memilih diet vegetarian.

Umumnya, ada tiga alasan utama mengapa seseorang mungkin memilih untuk mengikuti diet dengan beberapa variasi pola makan vegetarian atau nabati. Ini terkait kesehatan pribadi dan masyarakat, lingkungan, dan hewan yang dipelihara untuk makanan.

Baca Juga: 5 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Melansir dari Healthline, berikut jenis diet vegetarian menurut paha ahli yang bisa Anda jadikan referensi: 

1. Diet vegetarian lacto-ovo

Beberapa orang menganggap diet lacto-ovo sebagai diet vegetarian paling tradisional. Dalam variasi ini, Anda tidak akan makan daging atau ikan, tetapi tetap memasukkan telur dan produk susu ke dalam makanan.

Awalan "lacto" mengacu pada susu sapi atau produk susu dan berasal dari kata Latin lac, yang berarti susu. Hanya mamalia, seperti sapi dan manusia, yang bisa menghasilkan susu.

Lalu, "ovo" mengacu pada telur dan berasal dari kata Latin ovum, yang berarti telur.

Mengikuti diet lacto-ovo berarti memasukkan telur, susu, keju, mentega, yogurt, krim asam, es krim, dan produk susu lainnya ke dalam diet Anda, sambil mengecualikan semua daging yang berasal dari hewan, seperti daging sapi, ikan, ayam, dan babi.

2. Diet lacto-vegetarian

Diet lacto-vegetarian adalah diet nabati yang mencakup produk susu, seperti yang disarankan awalan "lacto".

Variasi ini termasuk produk susu seperti susu sapi dan makanan yang dibuat dengannya. Ini bisa termasuk keju, mentega, krim asam, yogurt, dan es krim.

Baca Juga: 11 Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Cocok Saat Diet

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru