kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Terlalu Banyak Makan Daging, Ini 9 Masalah Kesehatan yang Bisa Timbul


Sabtu, 15 Juni 2024 / 16:45 WIB
Jangan Terlalu Banyak Makan Daging, Ini 9 Masalah Kesehatan yang Bisa Timbul
ILUSTRASI. Jangan Terlalu Banyak Makan Daging, Ini 9 Masalah Kesehatan yang Bisa Timbul.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Ketika Idul Adha, masyarakat cenderung mengonsumi daging lebih banyak dari biasanya. Bahkan beberapa merasa "aji mumpung" sehingga mengonsumsi daging terus-menerus tanpa kontrol. 

Daging memang merupakan salah satu sumber makanan yang tinggi protein dan tinggi akan lemak. Kandungan lemak dan protein yang tinggi ini perlu kita waspadai saat memakan daging.

Namun terlalu banyak mengonsumsi daging juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: 5 Manfaat Penting Tablet Penambah Darah untuk Remaja Putri dan Cara Mengonsumsinya

Menurut Dede Nasrullah, dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, seseorang yang berlebihan mengonsumsi daging kurban berisiko terkena penyakit.

”Banyak masyarakat kita mengolah daging menjadi sate, rendang, kare dan lain sebagainya. Mengkonsumsi daging bagi kesehatan memiliki banyak manfaatnya terutama dalam hal pembentukan otot, meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah anemia,”jelas Dede, dikutip dari situs UM Surabaya(15/6).

Dampak banyak makan daging kurban

Ada beberapa dampak yang bisa timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi daging ketika Hari Raya Kurban, yakni: 

1. Sembelit/konstipasi

Hal ini dikarenakan daging tidak memiliki serat yang dapat membantu untuk melancarkan pencernaan. Oleh karena jika seseorang banyak mengkonsumsi daging maka seseorang bisa mengkombinasikan dengan mengkonsumsi sayuran dan buah- buahan.

2. Masalah pencernaan

Dampak selanjutnya yang muncul akibat banyak makan daging yakni masalah pencernaan. 

”Terlalu banyak mengkonsumsi daging yang mengandung protein hewani namun rendah serat, maka pencernaan dalam tubuh kita akan bermasalah dikarenakan bakteri dalam perut yang tidak cukup mendapatkan nutrisi serat tersebut,”tegasnya.

3. Dehidrasi/kekurangan cairan

Pencernaan protein membutuhkan energi besar, dan membutuhkan air untuk membuang kelebihan nitrogen dari hasil pemecahan molekul protein di dalam usus.

4. Meningkatkan risiko penyakit yang berkaitan dengan kolesterol dan lemak seperti penyakit jantung sehingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

5. Berkeringat lebih dan dapat memicu bau badan yang tidak sedap

Ketika makan daging, tubuh harus mengeluarkan energi untuk mencerna dan memproses sehingga menyebabkan seseorang mudah berkeringat dan dapat memicu bau badan yang tidak sedap.

Baca Juga: 5 Bahan Ini Bisa Membuat Daging Kurban Cepat Empuk, Beli dari Sekarang

6. Mudah lelah 

Hal ini diakibatkan semua energi dikeluarkan untuk mencerna makanan yang banyak mengandung daging.

Selain itu daging sapi mengandung triptofan yang tinggi sehingga jika mengkonsumsi terlalu banyak badan akan terasa lelah dan akan memunculkan rasa kantuk setelah makan.

7. Meningkatkan resiko penyakit kanker

Dalam beberapa kasus pengelolaan daging dapat membentuk senyawa karsinogenik seperti amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH).

”HCA terbentuk saat daging dimasak pada suhu tinggi, sedangkan PAH terbentuk saat pembakaran zat organik pada daging, sehingga meningkatkan resiko kanker,”tegasnya.

8. Meningkatkan resiko penyakit batu ginjal

protein yang berlebih dikarenakan mengkonsumsi daging dapat mempengaruhi ginjal karena senyawa purin dari daging dapat membentuk asam urat yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

9. Berat badan naik

Dampak terlalu banyak makan daging kurban yang terakhir adalah berat badan bisa naik. 

”Mengonsumsi daging yang berlebih dapat meningkatkan berat badan, terutama daging yang masih mengandung banyak lemak di setiap potongannya,”pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×